Internasional

Arti Penting Kemenangan Fallujah Bagi Irak & US

Arti Penting Kemenangan Fallujah Bagi Irak & US

Berikut adalah lima alasan mengapa perebutan Fallujah menjadi sangat penting bagi pemerintah Irak dan koalisi pimpinan AS yang mendukung ofensif untuk merebut kembali kota tersebut.

  1. Krisis kemanusiaan. kelompok bantuan dan warga sipil yang terperangkap di Fallujah mengalami bencana kelaparan dan tindakan perampasan lainnya di dalam kota yang kondisinya semakin memburuk. Warga sipil yang mencoba melarikan diri kota telah ditembaki oleh militan ISIS, menurut laporan saksi mata. Perkembangan mengerikan telah mendorong para pemimpin Sunni untuk menekan pemerintah yang didominasi Syiah Irak untuk mengambil tindakan nyata dalam menghadapi krisis kemanusiaan yang berkembang.
  2. Lokasinya strategis. Fallujah adalah kurang dari 40 mil dari Baghdad dan mengangkangi jalan utama ke ibukota Irak. Dalam beberapa pekan terakhir, Negara Islam telah meledakkan bom kendaraan besar di dalam kota. Mengamankan Fallujah akan membantu memotong jalur suplai militan ke Baghdad dan mencegah pemboman di sana.
  3. Simbol perlawanan yang sangat penting. Fallujah adalah kota Sunni yang berpengaruh dan di antara kota-kota Irak pertama jatuh ke Negara Islam dua tahun lalu. Beberapa suku di dalam kota telah mendukung Negara Islam, terdiri dari sesama Sunni. suku-suku lain telah mengangkat senjata melawan jihadis radikal, yang telah mengeksploitasi konflik sektarian antara Irak Sunni dan Syiah yang mendominasi negara dan pemerintahnya. Pada tahun 2004, empat kontraktor AS tewas oleh sekelompok orang di Fallujah dan sisa-sisa hangus dua orang digantung dari sebuah jembatan di atas Sungai Efrat. Sebuah serangan yang dipimpin AS mengamankan kota bulan kemudian, tetapi telah menjadi simbol bernanah perlawanan terhadap pendudukan AS. Sebuah risiko utama sekarang: milisi Syiah yang berpartisipasi dalam serangan bisa menyalahgunakan Sunni, yang memungkinkan ketegangan sektarian berkobar lagi.
  4. Landasan penting untuk menyerang Mosul. Mengamankan Fallujah akan membantu mengatur serangan lebih signifikan untuk mengusir militan ISIS keluar dari Mosul, kota terbesar kedua di Irak. Membebaskan Fallujah akan menjadi langkah besar dalam membersihkan militan ISIS provinsi Anbar sekitarnya, wilayah Sunni terbesar selatan Mosul. Itu akan membantu mengisolasi Mosul, sehingga sulit bagi militan untuk mendapatkan bala bantuan ketika pasukan Irak menyerang kota. Operasi Fallujah odapat menunda serangan Mosul, namun akan juga menyedit kekuatan ISIS dari seluruh kota di Irak utara.
  5. Meningkatkan rasa Percaya diri. Ini adalah kota besar terakhir selain Mosul yang masih dikuasai oleh ISIS, dan kemenangan ada akan mendukung kepercayaan dari pasukan Irak terhadap dukungan US. Pada bulan Desember, mereka berhasil membersihkan Ramadi, ibukota provinsi Anbar, dipuji sebagai kemenangan besar bagi pemerintah Irak. Dalam keberhasilan ini, ISIS praktis telah kehilangan sekitar 45% dari wilayah yang pernah dikuasai di Irak. Merebut kembali Fallujah akan membangun momentum menuju ofensif Mosul.
Sumber Gambar: Scoopnest

Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top