FAKTA

Fakta Tentang Borobudur

Borobudur adalah Candi Budha yang berasal dari abad ke-8 dan ke-9, terletak di Jawa Tengah. Borobudur dibangun dalam tiga tingkatan: dasar piramida dengan lima teras persegi konsentris, batang kerucut dengan tiga platform melingkar dan, paling atas adalah sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan yang dihiasi dengan relief yang indah, dengan luas permukaan total 2.500 m2. Sekitar platform melingkar 72 stupa kerawang, masing-masing berisi patung Buddha. monumen itu dipulihkan dengan bantuan UNESCO pada 1970-an.

Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, dan dibangun pada 8 dan ke-9 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Monumen raksasa ini terletak di Muntilan, di bagian selatan Jawa Tengah, di tengah pulau Jawa, Indonesia.

Candi utama memiliki stupa yang dibangun dalam tiga tingkatan sebagai berikut: dasar piramida dengan lima teras persegi konsentris, batang kerucut dengan tiga platform melingkar dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan yang dihiasi dengan relief, dengan luas permukaan total 2.520 m2. Sekitar platform melingkar 72 stupa, masing-masing berisi patung Buddha.

Kuil juga harus dilihat sebagai monumen kejayaan dinasti yang luar biasa dari Dinasti Syailendra yang memerintah Jawa selama sekitar lima abad sampai abad ke-10.

Kompleks Candi Borobudur sebenarnya terdiri dari tiga monumen: yaitu Candi Borobudur dan dua candi yang lebih kecil pada sumbu langsung menuju ke Borobudur. Dua kuil kecil tersebut adalah candi Mendut didalamnya terdapat situs sebagai penggambaran Buddha yang diwakili oleh monolit besar didampingi oleh dua Bodhisattva. Kuil kedua adalah Candi Pawon yang merupakan candi kecil sebagai tempat pemujaan. Ketiga monumen mewakili fase dalam pencapaian Nirvana.

Sumber: unesco.org, Studio Sunday


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top