FAKTA

Fakta Tentang Candi Prambanan


Dibangun pada abad ke-10, ini adalah kompleks candi terbesar yang didedikasikan untuk Siwa di Indonesia. Mengerucut ke atas dimana kotak konsentris tiga candi dihiasi dengan relief yang menggambarkan epik Ramayana, yang didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindu (Siwa, Wisnu dan Brahma) beserta tiga candi yang didedikasikan untuk hewan yang melayani mereka.

Kompleks Candi Prambanan terdiri dari Candi Prambanan (juga disebut Candi Loro Jonggrang), Candi Sewu, Candi Bubrah dan Candi Lumbung. Candi Prambanan itu sendiri adalah kompleks yang terdiri dari 240 candi. Semua kuil yang disebutkan membentuk Taman Arkeologi Prambanan yang dibangun selama masa kejayaan dinasti kuat Sailendra di Jawa pada abad ke-8. Senyawa ini terletak di perbatasan antara dua provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah di Pulau Jawa.

Sementara Candi Loro Jonggrang, yang berasal dari abad ke-9, adalah contoh brilian dari kehebatan ukiran relief agama Hindu. Sementara itu, Candi Sewu, dengan empat pasang patung raksasa Dwarapala  kompleks Budha terbesar di Indonesia termasuk kuil Lumbung, Bubrah dan Asu (Candi Gana) .

Candi-candi Hindu yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan versi Indonesia dari epik Ramayana yang dilukiskan dengan karya indah ukiran batu. Candi ini dikelilingi oleh ratusan kuil yang telah diatur dalam tiga bagian yang menunjukkan tingkat tinggi teknologi bangunan batu dan arsitektur dari abad ke-8 di Jawa. Dengan lebih dari 500 candi, Kompleks Candi Prambanan merupakan tidak hanya harta arsitektur dan budaya, tetapi juga bukti nyata dari kindisi Jawa masa lalu yang telah hidup berdampingan yang damai antar agama.

Sumber: Unesco.org


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top