KOLOM MASJOEN

Akuntan Bukan Sekedar Maker Laporan Keuangan Tetapi Sebagai Decision Maker

workshop IAI dan UTY

Dua hari ini Masjoen mengikuti workhsop yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia kerjasama dengan UTY di ruang seminar kampus UTY. Workshop kali ini bertajuk Pengembangan Kurikulum Akuntansi Sesuai Standar Internasional Dan Kompetensi Chartered Accountant (CA). Workshop kali ini menghadirkan para narasumber dari IAI baik dari akademisi maupun para praktisi di bidang akuntansi. Pada awal paparannya nara sumber menjelaskan profesi akuntan saat harus menyiapkan diri baik secara kuantitas dan kualitas.

Secara kuantitas kebutuhan akuntan saat ini di Indonesia masih relatif besar. Ratusan perusahaan go publik, ribuan UMKM dan mikro, ribuan lembaga pemerintah dari tingkat pusat sampai daerah, dan organisasi non profit membutuhkan akuntansi. Dapat dikatakan bahwa setiap organisasi tentu akan membutuhkan akuntan. Perguruan tinggi sebagai pencetak lulusan akuntansi tentu memiliki andil yang sangat signifikan dalam menyediakan calon-calon akuntan. Terlebih sekarang genderang pasar bebas ASEAN telah dikumandangkan. Hal ini tentu memerlukan kesiapan yang sungguh-sungguh bagi perguruan tinggi atau para pengajar akuntansi.

Dengan adanya MEA tenaga akuntan profesional dapat keluar masuk antar negara Asia untuk melakukan praktik sebagai akuntan profesional. Artinya ini menjadi satu peluang bagi lulusan akuntansi di Indonesia untuk dapat berpraktik atau bekerja di luar negeri. Pekerjaan rumah bagi perguruan tinggi atau Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) tentu harus mendesain pembelajaran yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan pada tingkat internasional. Lulusan akuntansi dapat menempuh sertifikasi sesuai yang diinginkan misalnya CA, CPA, CMA, atau CFA sesuai dengan standar internasional.

Sebagai profesional di bidang akuntansi, seorang akuntan dituntut tidak hanya sebagai pembuat laporan keuangan, akan tetapi harus mampu menganalisis dan menginterpretasi laporan keuangan agar dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Meskipun demikian lulusan akuntan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi marketing, atau menjadi pengusaha. Artinya bahwa tantangan tugas bagi akuntan semakin tidak mudah.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top