Internasional

Duterte – Amerika Bertanggungjawab Atas Terorisme Global

Duterte - Amerika Bertanggungjawab Atas Terorisme Global

Dalam pidatonya di kota Davao, Mindanao pada peringatan Hari raya Idul Fitri, Presiden Pilipina, Roberto Duterte menekankan bahwa Amerika Serikat lebih bertanggungjawab atas penyebaran terorisme global ketimbang negara-negara Muslim di dari Timur Tengah

Mengacu pada hasil terbaru dari penyelidikan Chilcot di Inggris, Duterte menekankan bahwa setelah penyelidikan itu jelas bahwa Amerika Serikat dan Inggris berperang di Irak tanpa dasar hukum.

Duterte mencatat bahwa rakyat Irak telah disudutkan ke dinding tanpa pilihan sehingga mengembangkan terorisme global sampai menyebar ke Pilipina setelah Amerika Serikat menginvasi Irak pada 2003 dan menggulingkan Presiden Saddam Hussein.

Mereka memaksa menginvasi Irak, lihatlah apa jadinya sekarang, tambahnya, Duterte mencatat bahwa Saddam, meskipun kediktatorannya, telah berhasil menyelenggarakan Irak dengan tegas dan terkendali. Lihatlah apa yang terjadi ke Libya dan Suriah sekarang, lanjutnya.

Roberto Duterte memperbandingkan kekacauan di Timur Tengah dengan kekerasan di Mindanao. Duterte menekankan bahwa Mindanao dulu merupakan kawasan yang sangat damai sampai datang para pelaut yang dipimpin oleh Ferdinand Magellan yang memperkenalkan agama Kristen kepada bangsa Pilipina pada tahun 1521.

Duterte menekankan bahwa kemudian saat itu, Kristen dan Muslim berperang bersatu-padu satu sama lain, bukan karena agama mereka, tetapi karena demi melawan kolonialisme.

Dalam pidato publik pertamanya setelah pelantikannya pada bulan Juni, Duterte mengacu pada konflik di Filipina, mengatakan bahwa pemerintahannya berkomitmen untuk menerapkan semua perjanjian damai yang ditandatangani pada langkah dengan reformasi konstitusi dan hukum. Dia menambahkan bahwa ia gembira dengan ekspresi persatuan di antara orang-orang Moro dan menanggapi panggilan untuk perdamaian.

Sumber: Telesur


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top