Internasional

Fethullah Gulen – Kudeta Didalangi Erdogan Sendiri


Fethullah Gulen, ulama yang disalahkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk kudeta yang gagal di Turki, mengatakan pemberontakan oleh anggota militer Turki bisa saja “didalangi” oleh pemerintah Erdogan sendiri.

Dalam sebuah wawancara yang jarang dan singkat pada hari Sabtu dengan sekelompok kecil wartawan di kediamannya di Saylorsburg, Pennsylvania, Gulen menolak semua tuduhan bahwa ia berada di balik upaya kudeta.

“Saya tidak percaya bahwa dunia percaya tuduhan yang dibuat oleh Presiden Erdogan,” kata Gulen. “Ada kemungkinan bahwa hal itu bisa menjadi kudeta didalangi dan itu bisa dimaksudkan untuk tuduhan lanjut [melawan Gülenists].”

Gulen, yang memimpin dari pengasingan gerakan rakyat disebut Hizmet dan berpisah dari dari Erdogan atas skandal korupsi pada 2013.

Gulen mengatakan dia menolak semua intervensi militer, dan mengatakan ia telah secara pribadi menderita setelah kudeta tahun 1990-an.

“Setelah kudeta militer di Turki tahun 1990,” katanya, “Saya telah ditekan dan saya telah dipenjara. Saya telah mencoba dan menghadapi berbagai bentuk pelecehan. ”

Dia menambahkan: “Sekarang Turki sudah pada jalur demokrasi, itu tidak bisa kembali.”

Ketika ditanya oleh wartawan Guardian apakah ia akan kembali ke Turki jika kudeta berhasil, Gulen menjawab: “Sesungguhnya, Aku sangat rindu tanah air. Tapi ada faktor lain yang penting, yaitu kebebasan. Saya di sini, jauh dari masalah politik di Turki dan aku hidup dengan kebebasan saya. ”

Sumber: The Guardian


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top