Internasional

Jabhat Al Nusra Menyatakan Berpisah Dengan Al-Qaeda

Jabhat Al Nusra, Cabang Al-Qaeda terkuat di Suriah menyatakan pihaknya memutus hubungan dengan jaringan militan global Al-Qaeda.

Pengumuman diucapkan langsung oleh pemimpin  tertinggi Jabhat Al Nusra Mohamad al-Golani. Ini merupakan penampakan langsung pertama pemimpin tertinggi Jabhat Al Nusra .

Mohamad al-Golani menyatakan bahwa Jabhat Al Nusra akan membentuk kelompok baru yng tidak berafiliasi dengan kelompok asing dengan nama Jabhat Fatah al-Sham.

Langkah ini sedang dibuat “untuk menghapus alasan yang digunakan oleh masyarakat internasional – dipelopori oleh Amerika dan Rusia – untuk membombardir dan menghabisi pejuang Jabhat Al Nusra al-Qaeda,” kata al-Golani .

Ini bisa mengubah keselarasan strategis di lapangan jika Jabhat Al Nusraberganti nama diharapkan akan mendapatkan keuntungan karena akan mudah diterima oleh kelompok pemberontak lainnya.

Tapi Assad dan sekutunya Rusia-nya tidak mungkin untuk menerima begitu saja re-branding Jabhat Al Nusrasebagai alasan untuk menghentikan operasi militer yang telah menempatkan pemimpin Suriah dalam posisi terkuat di medan perang selama bertahun-tahun.

Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis skeptis tentang keputusan Jabhat Al Nusraal-Qaeda, Bahkan malah lebih mencurigai bahwa pengubahan nama baru untuk strategi jangka panjang dalam penyerangan teror ke Barat.

Sumber: euronews

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top