Internasional

Mengapa ISIS Tiba-Tiba Membenci Turki

Mengapa ISIS Tiba-Tiba Membenci Turki

Beberapa hari kemarin, ISIS melakukan serangkaian serangan bom bunuh diri di Bandara Internasional Ataturk, Istambul. Setidaknya 36 orang tewas, 147 orang terluka.

Mengapa ISIS dan Jihadis yang dulunya kelihatannya mesra dengan Rejim Erdogan, sekarang berbalik memusuhi Turki? Ada beberapa dugaan alasan, diantaranya:

  1. Awal bulan ini, pengadilan Turki telah menjatuhi hukuman tiga teroris ISIS hukuman seumur hidup atas serangan Maret 2014 di Turki. Ini merupakan hukuman penjara pertama yang dikenakan kepada anggota ISIS oleh Turki.
  2. Sebuah perjanjian rekonsiliasi baru antara Turki dan Israel untuk menghidupkan kembali hubungan yang telah rusak oleh serangan militer Israel pada sebuah kapal bantuan Gaza (Mavi Marmarayang menewaskan sedikitnya 10 aktivis Turki. Israel adalah salah satu musuh utama para Jihadis termasuk ISIS.
  3. Serangan kemarin yang dilakukan merupakan bentuk mencari perhatian dunia, bahwa ISIS masih tetap eksis dan mampu melakukan serangan diluar Suriah – Irak, walapun mereka sudah dikalahkan di Fallujah dan Manbij.
  4. 1000 lebih warga Turki yang berjuang untuk ISIS di Irak dan Suriah, kecewea berat pada pemerintah mereka sendiri yang tidak bersedia untuk melakukan misi di dukungan kepada ISIS di perbatasan Turki.
  5. Mulai mendekatnya lagi Erdogan kepada Putin. Permintaan maaf Erdogan kepada Putin atas penembakan SU-24 beberapa waktu yang lalu, merupakan salah satu tindakan yang menyakiti hati para Jihadis. Rusia, bagi para jihadis adalah kroni utama Assad yang sangat mereka benci.
  6. ISIS dan para Jihadis sudah merasa semakin di pungggungi oleh Turki, yang dulu dianggap cukup bersimpati terhadap gerakan mereka.

Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top