Internasional

Prescott – Perang Irak Adalah Ilegal


Inggris telah melanggar hukum internasional ketika menginvasi Irak pada 2003, kata wakil perdana menteri pada saat itu, John Prescott, mengatakan pada hari Minggu di tengah laporan kritis pada keputusan Blair untuk menginvasi Irak.

Sebuah penyelidikan tujuh tahun menyimpulkan pada hari Rabu bahwa membuktikan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair terlibat dalam kegagalan perencanaan dan penanganan Perang Irak. lebih lankut, kasus ini merupakan perang ilegal yang pernah dilakukan oleh Inggris.

Delapan bulan sebelum invasi 2003, Blair mengatakan kepada mantan Presiden AS George W. Bush “Aku akan menyertai engkau, apa pun resikonya,” akhirnya sepakat mengirim 45.000 tentara Inggris berperang ketika opsi damai masih terbuka lebar.

Prescott, menulis di surat kabar Sunday Mirror, mengatakan sekarang dia harus mengubah pandangannya tentang legalitas perang dan ikut mengecam keras Blair yang tidak pernah mendiskusikan legalitas invasi Inggris ke irak.

“Pada tahun 2004, Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan mengatakan bahwa perubahan rezim adalah tujuan utama dari Perang Irak. Itu meupakan tindakan ilegal. Dengan sangat sedih dan marah, sekarang saya percaya bahwa Kofi Annan benar,” tulis Prescott.

“Aku akan hidup dengan keputusan dan konsekuensi bencana perang  sisa hidup saya,” tambahnya.

Banyak warga Inggris sangat menginginkan Blair untuk dihukum atas tindakan kriminal karena keputusannya untuk menginvasi Irak yang menyebabkan kematian 179 tentara Inggris dan lebih dari 150.000 warga sipil Irak selama enam tahun berikutnya.

Prescott menambahkan bahwa ia mendukung keputusan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, para aktivis anti perang, para veteran tentara Inggris dan kritikus agar Blair-meminta maaf atas perang ilegal tersebut atas nama partai.

Sementara itu, kelompok anggota parlemenlintas-partai  mengatakan mereka akan berusaha minggu depan untuk memutuskan bahwa Blair telah menghina dan menyesatkan parlemen sehingga mengakibatkan pengambilan keputusan untuk menginvasi Irak.

“Mengatakan satu hal yang sama untuk George W. Bush secara pribadi, itu adalah tindakan kejahatan , pelanggaran, pada parlemendan sekarang saatnya bagi parlemen untuk memberikan vonis kepada mereka,” kata Alex SalmondPartai Nasional Skotlandia.

Sunday Times mengatakan sangat mungkin untuk Blair dilarang dari segala jabatan publik atau bahkan dilucuti dari keanggotaannya dari Privy Council, sebuah badan seremonial yang menasihati Ratu Elizabeth.

Sumber: Sky News


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top