Internasional

Turki Berpaling Dari Pemberontak Suriah


Lebih dari lima tahun terjadi perang saudara Suriah. Turki dulunya merupakan negara yang paling membantu pemberontakan melawan pemerintahan Bashar al-Assad. Tiba-tiba Rabu kemarin, Turki mengisyaratkan ingin menormalkan hubungan dengan Damaskus.

Pernyataan yang dibuat oleh Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, Rabu kemarin, membuat tertegun para pemimpin Oposisi Suriah, yang kebetulan juga saat ini tinggal di Ankara. Demikian juga pernyatan ini membuat kaget para pemimpin regional yang dulunya bersekutu dengan Turki dalam mendorong pihak oposisi untuk menggulingkan Assad.

“Saya yakin bahwa kami akan kembali menormalisasi hubungan Turki dengan Suriah,” kata Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim”Kami membutuhkannya. Kami telah berhasil menormalisasi hubungan kami dengan Israel dan Rusia. Saya yakin kita akan bisa membanhgun kembali hubungan normal dengan Suriah juga. ”

Meskipun para pejabat Turki kemudian mengklaim pernyataan dibuat dengan harapan, dan tidak menyiratkan pergeseran kebijakan. Namun, baik pemberontak yang selama ini didukung Ankara dan para diplomat regional menyimpulkan bahwa telah terjadi pelunakan retorika Turki untuk menggulingkan Assad, yang selama ini bersama sekutunya telah mendukung pihak oposisi Suriah untuk memenangkan perang sipil Suriah.

Sumber: The Guardian, Euronews


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top