Internasional

AS Memindah Timbunan Senjata Nuklirnya Dari Turki Ke Rumania

AS Memindah Timbunan Senjata Nuklirnya Dari Turki Ke Rumania

Dua sumber independen dari EurActiv mengatakan bahwa AS telah mulai mentransfer senjata nuklir ditempatkan di Turki ke Rumania, dengan dilatarbelakangi oleh semakin memburuknya hubungan antara Washington dan Ankara.

Menurut laporan terbaru oleh Simson Center, sejak Perang Dingin, sekitar 50 senjata nuklir taktis AS telah ditimbun di pangkalan udara Incirlik Turki, sekitar 100 kilometer dari perbatasan Suriah.

Selama kudeta yang gagal di Turki pada bulan Juli, pasokan tenaga listrik Incirlik ini diputus, dan pemerintah Turki melarang pesawat AS terbang di atau keluar pangkalan udara Incirlik. Akhirnya, komandan pangkalan ditangkap karena terlibat dalam kudeta gagal tersebut. Apakah AS masih bisa mempertahankan kontrol senjata nuklir sangat berbahaya ini di saat terjadi konflik sipil yang berlarut-larut di Turki adalah pertanyaan yang tidak terjawab sampai dengan saat ini.

Sumber lain mengatakan bahwa hubungan AS-Turki semakin memburuk pasca kudeta gagal, sehingga Washington tidak lagi dipercaya Ankara untuk menjadi tuan rumah senjata nuklir taktis milik Amerika. SenjASata-senjata Amerika sedang dipindahkan ke pangkalan udara Deveselu di Rumania, kata sumber tersebut.

Deveselu berada di dekat kota Caracal yang merupakan pangkalan perisai rudal AS, yang telah membuat marah Rusia.

Rumania adalah sekutu Uni Soviet selama Perang Dingin, tapi itu tidak pernah menjadi tuan rumah senjata nuklir Sovyet selama periode tersebut. Penempatan senjata nuklir AS taktis yang terlalu dekat dengan perbatasan Rusia kemungkinan akan membuat Rusia semakin marah dan dapat menyebabkan eskalasi. Penempatan rudal nuklir Rusia di Kuba pada tahun 1962menjelang Perang Dingin nyaris meningkatkan eskalasi menjadi perang nuklir skala penuh.

Ini merupakan langkah yang sangat beresiko yang dilakukan oleh Amerika yang dapat memicu eskalasi politik dan militer baru dengan Rusia. Cukup masuk akal bagi Amerika untuk memindahkan senjata nuklirnya dari negara yang saat ini tidak terlalu menyukai kehadiran Amerika di negaranya. Terpaksa, AS harus memindah timbunan Senjata Nuklirnya dari Turki Ke Rumania.

Sumber Gambar: Revealnews


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top