Internasional

Darayya Berhasil Direbut Militer Suriah

Darayya Berhasil Direbut Militer Suriah

Darayya adalah kota yang menjadi simbol pemberontakan terhadap rezim Bashar al-Assad. Kemarin, kota tersebut diambil alih oleh militer Suriah setelah milisi pemberontak lalu sepakat untuk menyerahkan senjata mereka dan keluar dari Darayya.

Penyerahan diri milisi pemberontak di Darayya adalah pukulan telak yang menghancurkan moral oposisi dan hadiah yang sangat diidamkan oleh Assad. Minggu, setelah pemboman intens, membuat pemberontak akhirnya kewalahan.

Evakuasi milisi pemberontak akan dilakukan secara bertahap. Mereka akan dievakuasi ke daerah lain yang dikuasai oposisi, namun nasib beberapa ribu warga sipil darayya masih belum jelas.

“Militer Suriah dan milisi pemberontak di Darayya menyepakati gencatan senjata sebagai selingan untuk penyelesaian yang mencakup mengevakuasi warga hari Jumat ini,”  kata anggota dewan lokal mengatakan kepada Guardian.

Penduduk sipil Darayya ketakutan karena aktivisme mereka dalam mendukung pemberontakan di Darayya. Mereka takut  akan menghadapi nasib yang suram di masa depan.

Para warga sipil terpaksa harus ikut dievakuasi ke daerah-daerah yang dikuasai oleh pemberontak Suriah. Dalam kesepakatan, keluarga milisi pemberontak diperbolehkan pergi bersama milisi pemberontak ke kota-kota yang dikuasai oleh milisi pemberontak lainnya.

Para pejuang yang bergabung dengan milisi pemberontak lainnya akan merayakan pemberontakan mereka yang sudah berjalan sekitar 5 tahunan, kata Osama Abu Zaid, konsultan hukum untuk Free Syrian Army. “Kami sedang menunggu para pahlawan kami dari Darayya, yang gagah berani,” tambahnya, sambil mengkritik kekuatan Barat yang katanya tidak memberikan dukungan pada perjuangan pemberontak Suriah.

Sumber: Guardian

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top