ANALISIS

Ichsanuddin Noorsy Nyalon Gubernur DKI Dari Jalur Independen


Ekonom Ichsanuddin Noorsy menyerahkan persyaratan dukungan calon perseorangan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Minggu (Kompas, 7/8/2016). Dengan berbekal 600.000 lembar KTP (data verifikasi sementara), melebihi batas persyaratan jumlah KTP yang ditetapkan oleh KPU.

Noorsy yang berpasangan dengan Ahmad Daryoko optimis akan terpilih karena meyakini bahwa masyarakat Jakarta merupakan tipe masyarakat yang cerdas.

Yang menjadi pertanyaan saya, semenjak kapan Noorsy mengumpulkan 600.000 lembar KTP dukungan? Siapa operator lapangan yang mengumpulkan KTP dukungan tersebut? tentulah tidak tiba-tiba turun dari langit khan?

Teman Ahok yang kerja banting tulang, babak belur beberapa lama seperti itu saja, hanya dapat sejuta lebih sedikit KTP. Perasaan, saya belum pernah mendengar Noorsy beserta tim pemenangan pemilu pilkadanya melakukan pengumpulan KTP dukungan. Bahkan deklarasi pencalonan pasangan calon ini saja belum perrnah didengar sama sekali.

Syah-syah saja seseorang ingin menngajukan diri sebagai calon gubernur. memang nggak ada undang-undang yang melarangnya. Selama niatnya baik, prosedurnya jelas dan legal, merasa cukup potensi, yakin memiliki dukungan publik yang memadai, mengapa tidak?

Masalahnya, jika kemudian ketika diverifikasi faktual lewat cara sensus, dan kemudian terjadi dobel dukungan untuk satu KTP antara Ahok dan Noorsy, maka apakah keduanya akan digugurkan pencalonannya?

Beruntung, Ahok sudah putar haluan lewat jalur partai, bukan jalur independen (perseorangan). Jika tidak, maka Ahok akan ikut terbantai jika ada KTP dukungan dobel kepada kedua calon pasangan.

Apakah ini merupakan salah satu taktik atau upaya untuk menjungkalkan Ahok sebelum sempat berlaga 2017 mendatang? Wallahu A’lam Bishawab.

Semoga saja bukan itu niatan sebenarnya. Kalau mengingat komentarnya yang penuh semangat dalam mendukung konsep ekonomi kerakyatan sebagaimana yang diwacanakan oleh Prof. Mubyarto (yang sangat saya hormati dan kagumi), Saya yakin mas Noorsy bukan tipe individu sekonyol itu.

Sumber Gambar: Okezone


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top