Internasional

Abu Muhammad al-Adnani Tewas di Aleppo

Juru Bicara ISIS Tewas di Aleppo

Pimpinan senior ISIS, Abu Muhammad al-Adnani dilaporkan tewas di dekat kota Aleppo, namun Amaq News Agency tidak mengatakan penyebab tewasnya Abu Muhammad al-Adnani.

Abu Muhammad al-Adnani, yang memiliki nama asli Taha Sobhi Falaha, ditetapkan sebagai teroris global dan disebut sebagai “juru bicara resmi” ISIS pada tahun 2014 oleh Departemen Luar Negeri AS, yang menawarkan hadiah $ 5 juta untuk informasi lokasi keberadaannya pada tahun 2015.

Abu Muhammad al-Adnani diduga telah menjadi salah satu pejuang asing pertama melawan pasukan Amerika di Irak setelah invasi 2003, dan Brookings Institution melaporkan bahwa ia dipenjarakan oleh pasukan AS di negara itu pada pertengahan 2000-an.

Abu Muhammad al-Adnani telah menjadi salah satu tokoh ISIS yang paling menonjol karena menyatakan pada 2014 bahwa bagian-bagian wilayah dari Irak dan Suriah adalah wilayah kekhalifahan di bawah kekuasaan pemimpin Abu Bakr al-Baghdadi, dan membuat seruan melakukan serangan teror “lone wolf ke negara-negara Barat.

Abu Muhammad al-Adnani diyakini berada di balik upaya ISIS untuk memulai serangan dari Timur Tengah, dan beberapa analis melihatnya sebagai kemungkinan pengganti Baghdadi.

Militer Irak mengatakan pada Januari bahwa Abu Muhammad al-Adnani telah terluka parah dalam sebuah serangan udara di dekat perbatasan dengan Suriah, namun tiba-tiba ia menampakkan diri lagi melalui rekaman audio yang berisi perintah ke pendukung ISIS musim semi ini di mana ia menyerukan peningkatan serangan selama bulan Ramadhan.

Dampaknya, beberapa minggu berikutnya lebih dari 100 orang tewas  akibat serangan teror “lone wolf dalam kasus penembakan klub malam di Orlando dan serangan truk di selatan Perancis.

Para pejabat AS tidak bisa mengkonfirmasi kematian Adnani pada Selasa, meskipun mengatakan bahwa serangan udara baru-baru ini menargetkan “pemimpin senior” dari ISIS di kota timur laut dari Aleppo.

Amaq News Agency  kemudian merilis pesan pada semua pendukung ISIS pada Selasa kemarin yang mengatakan bahwa kematian Abu Muhammad al-Adnani dibalas oleh dengan generasi pejuang yang “mencintai kematian lebih besar ketimbang hidup.”

Sumber; Theguardian


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top