ANALISIS

Kedua Sekutu Amerika Ini Akhirnya Saling baku Hantam

Kedua Sekutu Amerika Ini Akhirnya Saling baku Hantam

Turki akhir-akhir ini mengirim lebih banyak tank ke Suriah utara pada hari Kamis dan memberi tenggat waktu seminggu milisi Kurdi Suriah untuk menarik diri pasukan mereka di sekitar perbatasan Turki. Serangan lintas-perbatasan ke Jarablus yang didukung oleh kekuatan udara Amerika tersebut untuk mendirikan zona perbatasan bebas ISIS dan pemberontak Kurdi.

Pertempuran pecah yang terjadi antara pemberontak Suriah dukungan Ankara dengan pejuang Kurdi dukungan Amerika, meningkatkan potensi untuk konfrontasi habis-habisan antara dua sekutu Amerika. Ini akan sangat mengganggu kampanye internasional dalam memerangi  ISIS.

Serbuan Turki Rabu kemarin, untuk memrebut kota Jarablus adalah eskalasi dramatis peran Turki dalam perang Suriah dan menambahkan lagi kompleksitas kondisi konflik yang semakin rumit.

Tujuan Ankara tidak hanya sekedar memerangi ISIS, tujuan utama Turki adalah ntuk menghentikan ekspansi Kurdi Suriah, yang telah berhasil merebut hampir seluruh bentangan wilayah yang sempat dikuasai oleh ISIS di sepanjang perbatasan utara Suriah dengan Turki.

Di atas semua alasan tersebut, Ankara berusaha untuk mencegah Kurdi menghubungkan benteng-benteng mereka di sepanjang perbatasan Suriah – Turki. Amerika dan sekutunya telah mengirim peringatan keras kepada Kurdi Suriah untuk segera angkat kaki dari sebelah barat sungai Efrat. usaha keras dan pengorbanan besar Kurdi berbulan-bulan nampaknya akan terlupakan begitu saja. Mimpi perjuangan Kurdi nampaknya akan segera sirna dalam sekejab.

Konfrontasi terbuka antara Turki dan Kurdi di Suriah akan otomatis menghancurkan banyak kemajuan kerjasama Amerika – Kurdi dalam memerangi ISIS di Suriah utara. Jika terjadi bentrokan langsung, Amerika akan dipaksa untuk berpihak kepada salah satu sisi. Jelas Washington pasti akan cenderung untuk memihak Turki sebagai sekutu NATO. Apalagi, dengan pertimbangan membutuhkan pangkalan udara Inclirik Turki yang digunakan sebagai pangkalan meluncurkan serangan udara koalisi dalam upaya untuk menghancurkan ISIS di Suriah dan Irak.

Namun, jika pasukan Kurdi Suriah merasa terganggu dengan keberadaan pemberontak Suriah dukungan Ankara dan militer Turki di Jarablus pasti Kurdi akan menarik seluruh milisinya ke garis depan untuk menghadapi  pemberontak Suriah dukungan Ankara dan militer Turki

Pada hari Kamis, para pejabat Turki mengatakan bahwa pasukan Kurdi Suriah telah mulai menarik diri ke timur Sungai Efrat. Kabar itu juga awalnya justru disampaikan oleh John Kerry kepada Mevlut Cavusoglu. Sebaliknya,  pimpinan Kurdi Suriah yang dihubungi oleh The Associated Press menyangkal bahwa milisi mereka telah menarik diri timur. Sedangkan, milisi Kurdi Suriah juga mengatakan bahwa pasukannya telah “kembali ke pangkalan mereka” setelah membantu Amerika dalam membebaskan kota Manbij dari cengkeraman ISIS awal bulan ini. Manbij terletak di sebelah barat Sungai Efrat hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari Jarablus.

Ankara secara terbuka telah menuntut Kurdi untuk mundur dan menyerahkan Manbij dan sekitarnya kepada pemberontak Suriah dukungan Ankara. Namun, tampaknya Kurdi enggan menyerahkan Manbij kepada pemberontak Suriah dukungan Ankara dan memilih untuk menyerahkan kendali kota manbij kepada Dewan Militer Manbij yang baru dibentuk beberapa saat kemarin yang sebagian besar terdiri dari pemberontak Suriah yang berasal dari suku Arab. Masih belum jelas apakah pemberontak Suriah dukungan Ankara dan militer Turki akan berani merangsek dan mengerahkan kekuatan kombatannya ke kota Manbij.

Kalau itu terjadi, maka perang terbuka antara pemberontak dukungan Ankara dan militer Turki VS milisi Kurdi akan dapat dipastikan terjadi. Ibarat pertarungan antara David (Kurdi) melawan Goliath (Turki). Pertempuran yang amat sangat tidak seimbang. Kedua kekuatan yang sama-sama sekutu Amerika ini akan saling baku hantam. ISIS jelas akan tepuk tangan kegirangan. Assad juga akan sangat diuntungkan, karena tanpa harus lecet sedikitpun, duri dalam dagingnya akan tercerabut dengan sendirinya.

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top