Internasional

Pesawat Mata-Mata Rusia Tercanggih Dikirim Lagi Ke Suriah


Tu-214R adalah pesawat mata-mata ISR (Intelligence Surveillance Reconnaissance) Rusia tercanggih.

Dilengkapi dengan sensor untuk melakukan ELINT (Electronic Intelligence) dan SIGINT (Signal Intelligence), mampu melakukan misi dalam segala cuaca, sistem radar dan elektro-optik sensornya menghasilkan citra foto-seperti berasal dari foto di darat. Pesawat yang biasanya dikerahkan dalam misi khusus ini, dapat terbang beberapa misi pengumpulan intelijen sekaligus, diantaranya:

  1. dapat mencegat dan menganalisis sinyal yang dipancarkan oleh sistem yang ditargetkan (radar, pesawat, radio, kendaraan tempur, ponsel dll),
  2. Mengumpulkan citra data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kekuatan musuh,
  3. Hebatnya, keberadaan Tu-214R dapat disamarkan atau disembunyikan. Sangat sulit untuk mendeteksi keberadaannya.

Dibangun oleh KAPO (Kazan Aircraft Production Association) dan diterbangkan dari lapangan udara perusahaan di Kazan, Tu-214R terdaftar dengan nama RA-64514 dan nomer seri penerbangan42305014. Pesawat kedua dibangun di bawah kontrak dengan Departemen Pertahanan Rusia dengan nama RA-64511, pernah dikerahkan ke pangkalan udara Latakia di Suriah, antara 15 Februari dan 29, 2016.

Menariknya, RA-64514 belum dianggap telah menyelesaikan misinya di Suriah, sehingga  pelacakan terakhir dengan menggunakan pelacakan ADB-S melalui Flightradar24.compada Jul 29 kemarin, semenjak pesawat terbang dari Moskow ke Suriah, 03:23 LT, belum ada indikasi kembali ke Moskow.

Ada misi sangat penting apakah pesawat mata-mata super canggih Rusia ini kembali diudarakan ke atas wilayah Suriah?


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top