Internasional

Rusia Menarik Semua Jet Tempurnya Dari Iran

Rusia Menarik Semua Jet Tempurnya Dari Iran

Seminggu setelah memungkinkan pesawat Rusia untuk beroperasi ke Suriah dari pangkalan Hamadan, tiba-tiba Iran berbalik arah pada hari Senin dan menarik izin untuk penerbangan jet-jet tempur Rusia tersebut serta mengeluh bahwa Kremlin telah terlalu dini dan banyak mempublikasikannya.

Penjelasan dari Kementerian Luar Negeri Iran tampaknya mengejutkan Rusia, dimana media Rusia mengekspos kesepakatan sebagai tanda persahabatan Rusia yang semakin berkembang dengan Iran. Perlu menjadi catatan,belum penah ada kekuatan asing  di Iran sejak Perang Dunia II.

“Pesawat militer Rusia yang terlibat dalam meluncurkan serangan udara dari pangkalan Iran Hamadan terhadap teroris di Suriah berhasil menyelesaikan tugas mereka….,” kata Mayjen. Igor Konashenkov dalam sebuah pernyataan. “Semua pesawat yang terlibat dalam operasi ini sekarang sudah kembali ke wilayah Rusia.” (Sputnik, 22-08-2016)

Perjanjian tersebut telah tampaknya menandai tonggak kebijakan luar negeri  Rusia di Timur Tengah dan aliansi penguatan dengan kekuatan Syiah di kawasan itu dari Iran, Irak dan pihak pemerintah Suriah.

Menteri pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Hossein Dehghan, menuduh Rusia mempublikasikan kesepakatan berlebihan, menyebut perilaku Kremlin sebuah “pengkhianatan atas kepercayaan yang diberikan oleh Iran.”Dehghan, “Kami belum menyerahkan pangkalan militer kepada Rusia, dan mereka tidak di sini untuk tinggal dalam waktu yang lama”.

Kedua negara  “tidak pernah membuat kesepakatan” untuk penggunaan pangkalan udara, kata Dehghan, menambahkan bahwa kesepakatan itu hanya kesepakatan sementara untuk pengisian bahan bakar. (AP, 22-08-2016)

Rusia mengumumkan apa yang digambarkan sebagai kesepakatan untuk menggunakan basis Iran pada 16 Agustus lalu, mengatakan akan memperpendek jarak diterbangkan oleh pesawat pembom jarak jauh, ketimbang terbang dari Rusia selatan.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top