ANALISIS

AS – Rusia Diambang Perang Terbuka

AS - Rusia Diambang Perang Terbuka

Ancaman Kerry dan provokasi Kirby nampaknya membuat Rusia mulai patah arang, marah besar dan mulai mengambil langkah keras terhadap kebijakan Washington. Rusia mengambil keputusan yang keras, tegas, pahit dan menyakitkan bagi semua pihak, yaitu akan tetap menentang apapun keinginan AS tentang Suriah dengan resiko apapun.

Pasca Kremlin mengungkapkan penolakannya pada keinginan AS untuk menghentikan serangan ke Aleppo, nampaknya membuat Washington semakin murka. Obama saat ini sedang mengumpulkan apra stafnya untuk membahas balasan yang “keras” seperti apa yang harus segera dikenakan ke Rusia.

Senat AS juga nampaknya mulai tidak sabar dengan kebijakan politik lunak ala Obama. Senator Ben Cardin dari partai Demokrat sangat menginginkan agar Obama tidak lagi ragu-ragu untuk mengambil tindakan keras kepada Suriah, Iran dan Rusia.

Demikian juga, para petinggi Uni Eropa juga ikut-ikutan murka. Federica Mogherini juga mengisyaratkan akan adanya tindakan “keras” dari Uni Eropa kepada Rusia.

Apakah nanti Rusia akan dikeroyok oleh militer US, NATO dan kekuatan militer Uni Eropa? Kalau ini terjadi, berarti semua pihak harus menyiapkan perang terbuka yang mungkin akan menjadi awal dari perang dunia ketiga. Dampaknya akan sangat mengerikan bagi semua pihak termasuk mereka yang sebenarnya tidak ikut-ikutan terlibat langsung dengan konflik Suriah.

Akhir-akhir ini, Cina juga mulai merapat kepada Aliansi Iran, Suriah Rusia. Cina bukanlah negara dengan kekuatan militer sembarangan. Jika Cina berpihak ke aliansi Suriah, Iran dan Rusia, maka kekuatan militer kedua belah pihak akan seimbang dan sangat menghancurkan. Sementara India nampaknya masih “wait & see” dan cenderung lebih dekat ke Kremlin ketimbang Washington.

Korea Utara jelas pasti akan memihak ke blok Rusia. Turki masih dalam posisi ragu-ragu walaupun sebenarnya juga salah satu anggota NATO, tetapi akhir-akhir ini lebih sering merapat ke Rusia ketimbang Barat. Namun kalau negara-negara teluk jelas kemungkinan besar mendukung blok AS, karena kebetulan keduanya memiliki musuh besar bersama yaitu Iran.

Kondisi patah arangnya Rusia sebagaimana yang saya prediksikan dalam artikel saya sebelumnya (28 September 2016). karena terlalu dipojokkan dan diintimidasi terus menerus, maka Rusia kemungkinan besar akan memilih perang total secara terbuka.Sudah ogah lagi untuk menempuh jalan diplomatik, dimana Rusia merasa terlalu sering dipojokkan dan dikadali oleh AS dan sekutunya.

Semoga saja semua pihak dapat menahan diri dan akar dari semua konflik dapat diselesaikan dengan jalan diplomatik tanpa menggunakan kekuatan militer yang akan menghancurkan bumi kita satu-satunya ini.

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top