Internasional

Ketegangan Turki – YPG di Manbij Meningkat

Ketegangan Turki - YPG di Manbij Meningkat

Ketegangan di Manbij meningkat antara Turki dan YPG Suriah. Ankara menuntut YPG menarik diri dari Manbij dan memungkinkan pasukan Pemberontak Suriah dukungan Turki untuk mengambil alih kendali, namun YPG menolaknya mentah-mentah.

Miiliter Turki telah memasuki wilayah Suriah Utara sejak bulan lalu dengan didukung Pemberontak Suriah dukungan Ankara. Serbuan Turki menargetkan ISIS sekaligus YPG. Ankara menuduh milisi Kurdi sebagai teroris terkait dengan kelompok pemberontak PKK yang dilarang di Turki dan mencari wilayah untuk mendirikan sebuah negara merdeka di Suriah Utara sekitar perbatasan Turki.

Direbutnya Manbij oleh milisi SDF yang didominasi YPG dari tangan ISIS bulan lalu, membuat Ankara semakin galau dan waspada terhadap manuver milisi Kurdi.

Manbij memiliki nilai strategis dan politis bagi Kurdi, karena terletak pada wilayah yang sangat strategis karena mampu menghubungkan daerah kantong wilayah yang sudah dikuasai Kurdi sebelumnya, seperti Kobani, Afrin, dan rojava.

Dalam perjalanan melawan ISIS, YPG telah menguasai sebagian besar wilayah di sepanjang perbatasan Turki yang menghubungkan serangkaian kantong-kantong wilayah Kurdi. Hanya wilayah Afrin, sekitar 100 kilometer sebelah barat dari Manbij, masih harus dihubungkan dengan wilayah lain. Manbij dan jarablus lah yang menjadi sasaran utama Kurdi. Namun, Jarablus terlanjur sudah direbut militer Turki, dan sekarang diduduki oleh pemberontak Suriah dukungan Ankara.

Para pemimpin politik Turki ini telah berulang kali menyerukan kepada YPG untuk menarik semua pasukannya dari Manbij dan mundur kembali ke sisi timur Sungai Efrat, memperingatkan setiap kekuatan yang tetap akan ditargetkan. Pemberontak Suriah dukungan Turki hanya beberapa kilometer jauhnya dari Manbij dan telah menyatakan niat mereka untuk mengambil alih kota Manbij.

Ini akan menjadi pertempuran yang sangat sengit antara mitra AS di Manbij. YPG pasti tidak akan melepas begitu saja kota Manbij yang direbutnya dari tangan ISIS, dengan begitu banyak pengorbanan dari anggota milisi YPG.

Tidak hanya milisi Kurdi (YPG) di Manbij yang menentang upaya Pemberontak Suriah dukungan Turki mengambil alih kota. Milisi Kristen dan milisi Arab dari Syrian Democratic Forces  (SDF) yang memegang kendali kota Manbij saat ini juga secara tegas telah menyuarakan penolakan permintaan Ankara tersebut. Prospek bentrokan bersenjata tersebut merupakan mimpi buruk bagi Washington, yang kebetulan bersekutu dengan keduanya, baik dengan Syrian Democratic Forces (SDF) maupun Pemberontak Suriah dukungan Turki. Apalagi militer Turki juga tidak akan tinggal diam, karena sejak awal Ankara berada dipihak Pemberontak Suriah dukungan Turki

 

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top