Nasional

KH Maftuh Basyuni Telah Berpulang

KH Maftuh Basyuni Telah Berpulang

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Mantan Menteri Agama KH Muhammad Maftuh Basyuni meninggal dunia dalam usia 77 tahun di RS Gatot Subroto setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit tersebut, kata putranya Irvan Basyuni melalui telepon kepada Antara, Selasa.

Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Malaysia. Di rumah sakit tersebut, Maftuh sempat menjalani penyinaran untuk penyakit kankernya di sekitar paru-paru.

Pada Selasa petang, mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama beberapa menteri sempat membesuk Maftuh di rumah sakit tersebut.

Demikian Biografi dari KH Muhammad Maftuh Basyuni, S.H.

  1. Muhammad Maftuh Basyuni, S.H. (lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 November 1939) adalah Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
  2. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, pada tahun 1968.
  3. Periode 1976 s.d. 1979, Maftuh tampil sebagai Sekretaris Pribadi Duta Besar Indonesia di Jeddah.
  4. Selain sebagai kepala rumah tangga kepresidenan saat H.M. Soeharto memimpin negara Indonesia, Maftuh juga menjabat sekretaris negara pada pemerintahan Presiden RI Abdurrahman Wahid.
  5. Sejak 2002, Maftuh adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi.
  6. Pada tahun 2004, Maftuh tampil sebagai Ketua Delegasi Indonesia pada Pertemuan Tingkat Menteri OKI.

Salah satu hobi unik beliau adalah mengunjungi RSU Rembang untuk mendoakan para pasien yang dirawat. Beliau melakukannya secara istiqomah dan nyaris dilakukan setiap pagi. Kisah ini diceritakan Gus H Achmad Shampton Masduqi saat mengisi Halaqah Fiqih Medis, di pendopo Kabupaten Situbondo, Ahad 31 maret 2013 yang lalu.

Sumber: Antara News, Santrinews.com


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top