Internasional

Militer Suriah Berhasil Menguasai Kembali Gunung al-Tharda

Militer Suriah Berhasil Menguasai Kembali Gunung al-Tharda

Tentara Suriah melakukan serangan balasan terhadap ISIS di sekitar pangkalan udara Deir Ezzor setelah serangan udara koalisi pimpinan AS menewaskan sedikitnya 83 tentara Suriah dan memaksa mundur militer Suriah, kata sumber-sumber militer Suriah kepada AFP.

Pentagon mengatakan bahwa pilot koalisi telah percaya mereka menghantam ISIS dan telah menghentikan serangan secepatnya setelah Moskow memberitahu komandan bahwa posisi tentara Suriah sebenarnya yang dihantam oleh pesawat-pesawat tempur koalisi pimpinan AS.

Damaskus bereaksi sangat marah terhadap serangan mematikan tersebut, yang memaksa muliter Suriah untuk menarik diri dari dua puncak bukit strategis di Gunung al-Tharda menghadap pangkalan udara di pinggiran kota Deir Ezzor.

“Militer Suriah telah kembali melakukan serangan balasan dan berhasil menguasai gunung al-Tharda,” kata seorang sumber militer Suriah kepada AFP, Minggu tadi.

Merebut kembali dua puncak bukit strategis di Gunung al-Tharda sekitar pangkalan udara adalah sangat penting bagi militer Suriah mencegah ISIS mencoba menembak pesawat yang lepas landas atau mendarat di bandara Deir Ezzor.

Pangkalan udara dan lingkungan yang dikuasai pemerintah berdekatan kota Deir Ezzor telah dikepung oleh ISIS sejak tahun 2012 dan mutlak hanya bergantung pada suplai melalui udara. SOHR mengatakan sedikitnya 30 jihadis ISIS tewas dalam serangan balik hari Minggu oleh militer Suriah.

SOHR yang berbasis di Inggris mengatakan sekitar 90 tentara Suriah tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan AS Sabtu kemarin, jauh lebih tinggi dari perkiraan jumlah tentara yang tewas yang dilaporkan oleh Moskow pada hari Sabtu.

Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, mewakili Washington menyuarakan penyesalan atas insiden terbunuhnya hampir seratus personil militer Suriah.

Australia, sebagai anggota koalisi pimpinan AS juga mengatakan ikut “berbelasungkawa” kepada keluarga personil militer Suriah terbunuh atau terluka. Selain itu, Australia juga menyatakan tidak akan pernah dengan sengaja menargetkan militer Suriah yang juga aktif memerangi ISIS.

Sumber: AFP


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top