ANALISIS

Pemberontak Musuh Assad & Rusia

Pemberontak Musuh Assad & Rusia

Urut dari mulai yang paling radikal sampai dengan kelompok yang cenderung moderat:

  1. ISIS: Kelompok radikal Internasional, menggunakan kekerasan sebagai alat propaganda untuk mendukung “khalifah” trans-nasional mereka.
  2. Jund al-Aqsa: Berpisah dari Jabhat al-Nusra, karena lebih memilih untuk berafiliasai dengan ISIS, namun juga sering beroperasi bersama dengan  kelompok milisi Islam lainnya.
  3. Jabhat al-Nusra: didirikan oleh ISIS sebagai cabang Suriah al-Qaeda. Berpisah dari ISIS pada tahun 2013 dan sekarang memsisahkan diri dengan Al – Qaeda pusat, dan megubah namanya menjadi Fatah al-Sham aliansi dengan kelompok pemberontak Islam lainnya untuk menghadapi kekuatan militer Assad.
  4. Ahrar al-Sham: kelompok jihad Salafi yang memfokuskan diri pada Suriah dan tidak memiliki tujuan internasional. Sebenarnya pada awalnya kelompok ini berafiliasi ke al-Qaeda, namun untuk saat ini  cenderung didukung oleh Turki dan Qatar.
  5. Jaish al-Islam: Kelompok radikal yang didukung oleh Arab Saudi. Bekerja dengan kelompok pemberontak lain tapi dituduh oleh beberapa dari milisi mereka dituduh telah melakukan pelanggaran kemanusiaan yang cukup berat di wilayah yang mereka kuasai.
  6. Jabhat al-Islamiyyah (Front Islam): Banyak melakukan Aliansi dengan dua kelompok-kelompok Islam lainnya, baik .
  7. Jabhat al-Shammiya (Levant Front): aliansi lain dari kelompok pemberontak Islamis, khususnya di Suriah utara.
  8. Southern Front: Aliansi kelompok non-jihad Islam, umumnya didukung oleh Ikhwanul Muslimin, dan kelompok-kelompok pemberontak sekuler.
  9. Free Syrian Army (FSA): Sekarang sudah tinggal namanya saja, digunakan untuk merujuk pada koleksi divisi pemberontak sekuler, beberapa pecahan kelompok ini didukung oleh AS, awalnya dibentuk oleh tentara disersi militer Suriah.

Namun, secara keseluruhan, kecuali dengan ISIS, mereka sering membuat aliansi bersama untuk melawan kekuatan militer Assad dan para pendukungnya. Salah satu aliansi milisi pemberontak yang mereka buat dengan nama Jaish al-Fatah (Army of Conquest) cukup fenomenal dan berhasil. Aliansi milisi ini berhasil memporakporandakan kekuatan militer Assad, seperti peristiwa perebutan Idlib, pemecahan blokade militer Assad bulan kemarin.

Sumber Gambar: ibtimes.com


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top