KOLOM MASJOEN

Semoga Tidak Ikut Salah Kaprah Dalam Penelitian

Salah Kaprah

Semester ini Masjoen diminta mengajar metoda penelitian bagi mahasiswa. Sebenarnya masih berat sih untuk mengajarkan kepada mahasiswa karena masih banyak yang harus Masjoen pelajari. Namun, karena sedikit “dipaksa” Kaprodi, akhirnya permintaan mengajar saya lakukan. Dosen saya pernah mengajarkan kepada Masjoen hati-hati saat melakukan penelitian dalam penelitian bisnis. Jangan sampai terjebak salah kaprah dalam penelitian.

Menurut Cooper dan Schindler penelitian bisnis merupakan proses pencarian yang sistematik yang menyediakan informasi untuk memecahkan permasalahan manajerial. Pada dasarnya penelitian dapat dilakukan untuk tujuan berbeda. Jika penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah mutakhir yang dihadapi oleh manajer dalam konteks pekerjaan, yang menuntut solusi tepat waktu, maka penelitian ini disebut penelitian terapan. Sebagai contoh perusahaan memproduksi barang tertentu, namun di pasaran tidak begitu laku, dan manajer harus menemukan alasan di balik hal tersebut.

Sedangkan jika penelitian dilakukan untuk menghasilkan pokok pengetahuan dengan memahami bagaimana masalah tertentu yang terjadi dalam organisasi dapat diselesaikan, penelitian ini disebut penelitian dasar. Misalnya dalam organisasi, seorang peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi kinerja karyawan. Dari data dan analisis peneliti menemukan terdapat faktor gaji (bonus), jam kerja, pelatihan karyawan, lingkungan kerja.

Dalam mendesain sebuah penelitian tentu harus memperhatikan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian ilmiah. Menurut Sekaran (2003) terdapat beberapa karakteristik utama penelitian ilmiah yaitu memiliki tujuan yang jelas, ketepatan, dapat diuji, dapat ditiru, ketelitian dan keyakinan, objektivitas, dapat digeneralisasi dan hemat.

Suatu penelitian dimulai dengan mengangkat isu (apa yang akan diteliti), mengapa riset ini perlu dilakukan (tujuan penelitian), siapa yang akan menggunakan hasil riset ini, dan bagaimana mengimplementasi hasil penelitian tersebut sehingga memperoleh manfaat dari penelitian. Tahapan-tahapan ini dapat memunculkan salah kaprah dalam penelitian. Menurut Pak Jogiyanto guru besar UGM, salah kaprah dapat terjadi dalam berbagai tahapan dalam penelitian. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi peneliti agar penelitian yang dihasilkan menjadi penelitian yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top