HEADLINE

Erdogan – Turki Akan Melanjutkan Invasinya Ke Suriah

Pemberontak Suriah dukungan Turki akan terus menekan ISIS  di al Bab di Suriah, Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Ankara akan menyapu bersih militan ISIS dan para pejuang Kurdi Suriah dari semua wilayah dekat perbatasan Suriah – Turki.

Didukung oleh tank Turki, pasukan khusus dan serangan udara, Pemberontak Suriah dukungan Turki menyeberang ke Suriah utara pada bulan Agustus dan merebut kota perbatasan Jarablus dari ISIS.

Para Pemberontak Suriah dukungan Turki saat ini menguasai wilayah sekitar 1.270 km persegi (490 mil persegi) di Suriah utara. Padahal, fokus awal Turki adalah mengusir ISIS dari Jarablus, namum sekarang lebih merangsek ke Selatan, sehingga menghentikan kemajuan pejuang Kurdi Suriah dukungan AS.

“Siapapun tidak dapat melarang dan mencegah kami. Turki berkewajiban dan akan terus merebut al Bab,” kata Erdogan dalam pidato pada pembukaan sebuah pusat pendidikan di provinsi barat laut dari Bursa. “Kami harus mempersiapkan daerah dibersihkan dari teror.”

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki akan melakukan apa yang diperlukan dengan mitra koalisinya untuk menggempur Raqqa, tapi tidak akan bersedia bekerja sama dengan para pejuang Kurdi Suriah.

Kekakuan Erdogan ini menyebabkan ketegangan baru antara Turki dan Amerika Serikat. Washington adalah pendukung utama milisi YPG Kurdi Suriah, melihatnya sebagai mitra yang efektif dalam memerangi ISIS. Sebaliknya, Turki takut banyak pencapaian YPG ini akan membangkitkan semangat gerilyawan Kurdi di Turki.

Setidaknya 90 roket Turki telah menggempur posisi pejuang Kurdi Suriah yang bersekutu dengan milisi dukungan AS di Suriah utara, Jumat kemarin.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top