ANALISIS

Gara-Gara Pemberontak Suriah Saling Bertempur di Aleppo

Untuk lebih dari sebulan, pemberontak yang memerangi pasukan Presiden Bashar Assad telah berhasil merangsek ke pusat Suriah, berhsil merebut beberapa mil wilayah kota terbesar keempat dari Hama. Milisi oposisi berharap mereka akan dapat memotong jalur suplai utama pemerintah ke Aleppo dan mengurangi tekanan pada pemberontak di sana.

Tapi kampanye ambisius telah sangat terhambat oleh pemberontak sendiri, sebagian besar karena pertikaian yang pecah pekan lalu. Ini adalah tema yang berulang perselisihan oposisi dan persaingan yang Assad telah dimanfaatkan sepanjang perang sipil 5 tahun Suriah.

Lima minggu ofensif, yang membuat gerilyawan berhasil memecah pertahanan militer Suriah dan merebut lebih dari dua lusin desa dan kota, dipelopori oleh milisi Salafi-jihadi kelompok Jund al-Aqsa (pendukung setia ISIS).

Hal ini memaksa pemerintah Suriah untuk mengerahkan satuan elit militer terkemuka mereka (Tiger Force), dibawah komando Kolonel Suheil al-Hassan yang legendaris, untuk merebut kembali posisi militer Suriah di Aleppo.

Wilayah Hama, yang memiliki populasi agama campuran, merupakan persimpangan antara Suriah tengah, SAuriah utara dan pantai Mediterania. Para pemberontak berharap gempuran tiba-tiba mereka akan mengurangi tekanan pada kota utara Aleppo, yang telah digempur hebat oleh pesawat Suriah dan Rusia.

Kunci dari tujuan utama oposisi Suriah adalah untuk memotong jalur pasokan pemerintah antara Aleppo dan benteng Assad di Damaskus dan wilayah pesisir. Sayangnya, harapan tersebut musnah saat ini.

Pada 7 Oktober, pertempuran sengit pecah diantara mereka sendiri di provinsi Idlib antara Jund al-Aqsa dengan kelompok ultrakonservatif Ahrar al-Sham. Kedua kelompok saling menyalahkan karena dituduh membunuh beberapa komandan lokal mereka masing-masing.

Kedua kelompok kemudian menarik diri dari upaya untuk memerangi pasukan pemerintah, yang memungkinkan tentara untuk meluncurkan serangan balasan dan mendapatkan kembali kontrol dari 14 desa dan kota sejak akhir pekan kemarin.

Halaman: 1 2


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top