HEADLINE

Hamdaniyah Berhasil Direbut Militer Irak


Pasukan Irak mendorong ke kota di sebelah tenggara kota Mosul pada hari Sabtu, setelah gelombang serangan militan di dalam dan sekitar kota utara Kirkuk dan terjadi pertempuran berat lebih dari 24 jam, dengan pertempuran yang sedang berlangsung di beberapa daerah sekitar KirkukMosul.

Militer Irak mengatakan Divisi ke-9 telah merangsek ke kota Hamdaniyah, yang juga dikenal sebagai Qaraqosh serta Bakhdida, dan mengibarkan bendera lirak diatas kompleks pemerintah Hamdaniyah, namun pasukan kemungkinan besar masih menghadapi perlawanan berat di sekitar pusat pemerintahan.

Dua petugas dari Divisi 9 dikonfirmasi tentara telah merebut pusat pemerintahan dan mengibarkan bendera Irak di atasnya.

Kota Hamdaniyah sekitar 20 kilometer dari Mosul. Pasukan Irak melancarkan serangan besar-besaran awal pekan ini bertujuan untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar kedua di negara itu, yang jatuh ke IS pada tahun 2014.

Hamdaniyah diyakini sebagian besar tak berpenghuni. ISIS telah menebar ranjau pada kota-kota di sekitar Mosul, dan pasukan Irak harus mendekati kota.

pasukan Irak juga berhasil merebut kembali kota Bartella, sekitar 15 kilometer sebelah timur dari Mosul, awal pekan ini, namun masih menghadapi kantong-kantong perlawanan di daerah.

Sementara itu ISIS telah meluncurkan serangan besar-besaran ke Kirkuk, sekitar 170 kilometer tenggara dari Mosul sebelum fajar Jumat kemarin, dalam upaya nyata untuk mengalihkan tekanan pasukan keamanan Irak ke Mosul. Pertempuran berkecamuk sepanjang hari, dengan tembakan berat bergema di seluruh kota dan asap hitam membubung tinggi ke udara.

Brigjen. Khattab Omer, komandan polisi Kirkuk mengatakan Sabtu pagi bahwa semua penyerang tewas atau meledakkan diri. Daerah di sekitar markas provinsi, di mana pertempuran itu paling berat, tenang Sabtu pagi. Saksi juga mengatakan ada bentrokan yang berlangsung di lingkungan Asra wa Mafkudin, di mana setidaknya dua militan ISIS tewas.

Kolonel redah Sheikh Latif, komandan pasukan Peshmerga Kurdi di Kirkuk, membenarkan ada pertempuran yang sedang berlangsung antara penembak jitu ISIS dengan pasukan keamanan di lingkungan tersebut, namun situasi terkendali. Latif juga mengatakan ada juga beberapa pertempuran yang sedang berlangsung di pinggiran Wara Tappa.

Para militan ISIS telah membunuh 13 pekerja, termasuk empat warga Iran, di utara pembangkit listrik dari Kirkuk, Jumat, dan seorang wartawan TV lokal juga ditembak mati oleh penembak jitu ISIS di kota Kirkuk. Tidak jelas apakah ada korban lainnya di antara warga sipil atau pasukan keamanan Kurdi yang mengontrol Kirkuk.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Comment


Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top