IDE BAGUS

Kembalikan PMP & P4 Pada Kurikulum Pendidikan Kita

Kembalikan PMP & P4 Pada Kurikulum Pendidikan Kita

Menurut saya, untuk meningkatkan kecintaan anak bangsa kepada Pancasila dan NKRI, harusnya dimulai sejak dini. Dulu, ada mata pelajaran PMP dan penataran P4 yang sebenarnya sangat bagus untuk meningkatkan dan pemahaman pancasila di benak anak-anak kita. Bahkan sampai dengan dewasa pun kita mendapatkan penataran berjenjang tentangd asar Negara kita. Entah mengapa semenjak jaman reformasi, muatan pendidikan yang sangat penting ini begitu saja dikesampingkan.

Kepramukaan itu juga merupakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara sekaligus budi pekerti yang sangat bagus untuk menanamkan rasa cinta tanah air, cinta lingkungan, disiplin dan cinta sesama sejak dini. Entah sekarang hanya sekedar menjadi pelengkap sambil lalu dalam pendidikan karakter anak-anak kita.

Dulu, pramuka adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan bagi kami dikala muda. Dulu, menghafal dan mengucapkan Tri Satya Dasa Dharma, dengan dada tengadah sebagai penggalang adalah satu hal yang sangat membanggakan. Apalagi ketika diucapkan pada upacara sore hari menjelang kepenggalangan dimulai. Apalagi ketika diajarkan tali-temali, sandi morse, dan sandi lacak jejak. Senangnya bukan main, seolah sedang mendapatkan mainan baru.

Bangsa ini entah mengapa akan dididik hanya sekedar menjadi bangsa yang paham tentang ilmu logika, namun sama sekali tiidak diajari tentang kecintaan terhadap tanah air ternasuk dasar negara. Anak bangsa yang hanya dicekoki dengan capaian prestasi-prestasi semu yang seolah terbang lepas dari pijakan diri bahwa mereka adalah pemuda harapan tanah air.
Jadi wajar jika ideologi-ideologi yang mencoba merongrong Pancasila begitu tumbuh subur. Ideologi yang mengubah jati diri anak bangsa menjadi seseorang yang asing sama sekali terhadap dasar negaranya, bahkan kalau mungkin ingin menghapuskannya.

Kementerian Pendidikan harusnya segera memikirkannya. Jangan sampai terlambat jika tidak ingin anak bangsa kita menjadi zombie-zombie ideologi aneh yang ingin menghancurkan Pancasila dan mencabik-cabik NKRI.

Sumber Gambar: Tempo.co


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top