KOLOM MASJOEN

Membuka Tabir Cash Flow

masjoen kelengkeng

Kunci sukses dalam mengembangkan bisnis adalah pengelolaan arus kas yang tepat. Akhir pekan ini Masjoen diskusi dengan Dr. Sumiyana (UGM) dan Dr. Nurdiono (UNILA) yang keduanya dapat dikatakan sukses baik sebagai akedemisi maupun praktisi bisnis.

Selain sebagai dosen UGM, Pak Sumiyana saat ini mengembangkan peternakan ayam dengan konsep modern dalam kandang tertutup. Selain itu dia juga mengembangkan bisnis perkebunan kelengkeng dan Pepaya di wilayah Kulon Progo. Peternakan dengan konsep modern ini dia mampu panen setahun 7-8 kali setahun. Kebutuhan daging ayam yang terus meningkat dan kebutuhan pasokan kelengkeng mendorong dia sangat antusias mengembangkan bisnisnya. Masjoen pun sempat menikmati kelengkeng yang luas biasa hasil berkebunnya. Kalo tidak salah jenis kelengkeng new cristal (kateki). Sedangkan Pak Nurdiono menggeluti berbagai bisnis seperti rumah sakit, televisi, kantor akuntan publik, koperasi, kampus kesehatan, dll. Saat ini Pak Nurdiono juga tertarik mengembangkan bisnis kelengkeng di Lampung.

Sambil menikmati kelengkeng di kebun Pak Sumiyana kami bertiga sempat diskusi seru tentang mengelola arus kas. Pak Nurdiono memang sangat piawai dalam pengelolaan arus kas ini. Dia menyampaikan bahwa kunci sukses bisnisnya adalah pada cash flow.

Prinsipnya adalah kalau kita bisnis tidak punya modal, maka gunakan modal orang lain (bank) dan yang suruh membayar orang lain. Maksudnya bukan gemplang lho. Contoh, kita utang jangka panjang untuk membeli rumah, kemudian rumahnya kita kontrakkan orang lain, berarti bahwa utang kita yang suruh membayar orang lain karena dia harus membayar biaya sewa rumah. Hasil sewa rumah kita gunakan untuk mengangsur pihak perbankan. Mantap to, kita yang utang tapi yang suruh membayar orang lain. Pak Nurdiono juga menegaskan bahwa kalau kita utang untuk investasi, maka harus utang jangka panjang, agar cicilannya ringan. Hal ini salah satu cara mengelola arus kas, kalau utangnya jangka panjang, out flow nya menjadi relatif sedikit dibandinngkan utang jangka panjang.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top