HEADLINE

Mesir Dan Saudi Bentrok Gara-Gara Aleppo

Dukungan Mesir pada usulan rancangan resolusi DK PBB yang diajukan oleh Rusia terhadap kota Aleppo telah menyebabkan keretakan antara Kairo dan Riyadh.

Sabtu lalu, DK PBB memberikan suara pada usulan Perancis untuk “penghentian permusuhan” di Suriah dan pembentukan zona larangan terbang di atas Aleppo. Rancangan resolusi eksplisit menyerukan penghentian serangan udara di bagian oposisi diadakan kota.

Untuk tahun lalu, Rusia – mengutip kebutuhan untuk memerangi dengan “terorisme” dan mendukung rezim Assad yang diperangi – telah melakukan banyak serangan udara di Aleppo, yang telah menyebabkan kematian dan cedera dari ratusan penduduk sipil kota.

Mesir, yang saat ini duduk di dewan sebagai anggota DK PBB, awalnya mendukung usulan Perancis, yang akhirnya diveto oleh Rusia.

Tak lama kemudian, Rusia mengusulkan rancangan resolusi yang juga menyerukan penghentian permusuhan di Suriah. Berbeda dengan usulan Perancis, yang menginginkan diterapkannya “No-Fly Zone”, Rusia tidakbsetuju dengan penerapan “No-Fly Zone”.

Mesir dalam hal ini, juga mendukung resolusi Rusia, yang akhirnya juga gagal meraih suara yang dibutuhkan untuk ratifikasi.

Dukungan Mesir untuk proposal Rusia mendatangkan badai kritik dari pejabat Saudi, Abdullah al-Muallimi, wakil tetap Riyadh di PBB, menggambarkan langkah itu sebagai langkah yang paling “menyakitkan”.

Halaman: 1 2


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top