HEADLINE

Militer Kanada Melatih Kurdi Untuk Penyerbuan Ke Mosul

Militer Kanada mendukung pejuang Kurdi untuk menyerbu ke Mosul, kata Menteri Pertahanan kanada, Harjit Sajjan.

Pasukan Kurdi dan militer Irak melancarkan serangan bear-besaran Senin kemarin, dalam upaya untuk membebaskan kota terbesar kedua Irak dari cengkeraman ISIS.

Operasi ini dilihat sebagai momen kunci dalam memerangi ISIS di Mosul yang dihuni oleh lebih dari 1 juta penduduk. Mosul merupakan benteng terakhir kelompok ISIS di Irak.

Media lokal melaporkan bahwa Pasukan Kurdi yang telah dilatih oleh militer Kanada selama dua tahun terakhir, berhasil merebut beberapa desa selama perjalanan ke Mosul. Namun, setidaknya enam pejuang Kurdi tewas dan 16 lainnya luka-luka pada hari pertama pertempuran.

Berbicara di luar Commonsbiasanya, Sajjan mengatakan ia “sangat bangga” kepada pasukan Kurdi yang mampu berpasangan dengan pasukan keamanan Irak. “Dan aku sangat bangga dengan fakta bahwa militer Kanada kami telah memainkan peran penting dalam hal ini.”

Ditanya apa peran Kanadasebenarnya, Sajjan mengatakan: “Apa yang telah dilakukana oleh militer Kanada sebelumnya adalah memastikan bahwa pasukan keamanan Irak di darat mampu untuk melakukan operasi mereka secara efektif.”

Serangan itu terjadi dua minggu setelah wakil komandan pasukan khusus Kanada, Brigjen. Peter Dawe, mengungkapkan pasukannya menghabiskan lebih banyak waktu di garis depan, sebagai hasil dari kampanye melawan ISIS bergeser dari pertahanan ke tindakan ofensif.

Akibatnya, tentara Kanada telah terlibat dalam sejumlah tembak-menembak dengan ISIS. Dawe tidak bersedia memberikan rincian spesifik, meskipun dia bersikeras tentara Kanada hanya menembak untuk membela diri.

Sementara pemerintah Kanada telah menarik jet tempur Kanada dari Irak dan Suriah awal tahun ini, sekitar 170 tentara pasukan khusus terus bertahan dengan pasukan Kurdi di utara negara itu.

Misi mereka sebenarnya sebagai “non-tempur,” meskipun pemerintah Kanada mengatakan mereka boleh menembak untuk membela diri. Beberapa kritikus menuduh partai pemerintah kanada yang berkuasa (Liberal) telah melakukan modifikasi definisi tempur sesuai dengan janji-janji yang dibuat selama kampanye pemilu tahun lalu.

Sumber: cbc.ca


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top