HEADLINE

Pertemuan AS – Rusia Di Swiss Untuk Mengisolasi Militan di Suriah

Churkin - AS Mungkin Sengaja Melakukan Provokasi

Tujuan utama dari pertemuan tingkat tinggi pekan ini mengenai perdamaian Suriah adalah untuk mendapatkan negara yang mendukung kelompok oposisi moderat untuk menggunakan pengaruh mereka untuk bekerja untuk gencatan senjata baru, kata duta Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin.

Vitaly Churkin mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry akan bergabung di pertemuan Lausanne, Swiss, Sabtu ini bersama beberapa menteri menteri luar negeri dari negara-negara yang memiliki banyak pengaruh kepada pejuang oposisi, seperti Arab Saudi, Turki, dan Qatar. Menteri Luar negeri Iran yang berpengaruh kuat ke pemerintahan Suriah juga akan bergabung.

Lavrov mengatakan alasan utama kegagalan kesepakatan gencatan senjata September 9 adalah ketidakmampuan AS dan negara-negara lain yang mencoba untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar Assad, untuk memisahkan kelompok-kelompok oposisi moderat yang mereka dukung dari Jabhat Fateh al-Sham (ex. Jabhat al-Nusra – mantan afiliasi al-Qaida).

Berikut runtuhnya bulan lalu dari gencatan senjata, pemerintahan Obama menghentikan sepihak pembicaraan diplomatik dan membuat hubungan Washington-Moskow semakin memburuk. Pertemuan Lausanne yang diprakarsai oleh Kerry adalah merupakan upaya pertama untuk mencoba menemukan strategi baru yang layak untuk membendung kekerasan yang terus meningkat di Aleppo dan di tempat lain di Suriah.

“Saya tidak punya harapan khusus,” kata Lavrov hari Jumat di Moskow, yang menunjukkan Kremlin tidak terlalu berharao dengan hasil yang positif. “Sejauh ini, kami belum melihat mitra kami (AS) untuk membuat langkah-langkah nyata untuk memenuhi perjanjian yang kami buat.”

Churkin mengatakan Kerry dan Lavrov memutuskan “untuk meninjau kembali” format yang pernah mereka bahas tiga tahun lalu, bertemu kembali dengan sekelompok negara yang memiliki hubungan dekat dengan kelompok oposisi moderat yaitu 20 negara yang tergabung dalam International Syria Support Groupuntuk menyepakati konsep perdamaian secara lebih spesifik.

Pada pertemuan Sabtu, Churkin mengatakan, “Saya pikir itu akan menjadi sangat penting untuk melihat apakah mereka benar-benar siap untuk bekerja bagi penghentian permusuhan di Suriah.”

Sumber: Associated Press

 


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top