ANALISIS

Setelah Ahok, Siapa dan Apa Lagi?


Banyak yang mengatakan bahwa kasus Ahok sebenarnya hanyalah pijakan untuk sasaran yang lebih besar. Terlepas dari pro-kontra terhadap dugaan ini, nampaknya kemungkinan adanya sasaran yang lebih besar sangat mungkin akan diluncurkan.

Pelengseran Jokowi

Kelihatannya dugaan ini terlalu jauh, nampaknya akan sangat mungkin dilakukan. Jokowi bukanlah penganut paham Islam fundamentalis. Jokowi memang terpilih oleh sebagian besar rakyat Indonesia, sehingga memenangkan Pilpres, dan secara resmi diangkat menjadi Presiden. Namun, pihak yang kurang puas dengan kepemimpinan Jokowi tidaklah sedikit, terutama yang berasal dari partai-partai tertentu.

Pelengseran Jokowi hanya masalah menunggu waktu saja. Blunder sedikit dapat menjadi pembenaran pihak-pihak yang ingin menjungkalkan Jokowi dari kursi kepresidenan.

Masalah paling krusial adalah, Jokowi adalah individu Demokratis, Nasionalis dan sekaligus Pancasilais. Jokowi bukanlah seorang muslim yang benar-benar berniat dan mampu untuk menegakkan semangat pemberlakuan hukum Islam. Ini adalah salah satu kelemahan utama Jokowi.

Jika Jokowi dapat dilengserkan, maka praktis partai-partai anti Jokowi akan akan berusaha keras menggantikannya untuk berkuasa di Republik ini. Bahkan konon, mereka sudah menyiapkan kabinet bayangan untuk mempersiapkan penggeseran pemerintahan.

Indonesia Akan Diubah Menjadi Negara Islam

Indonesia secara demografis memang didominasi oleh pemeluk Islam. Bahkan, dalam urusan total pemeluk Islam, Indonesia adalah negara terbesar berpenduduk Mulim. Jadi wajar sekali jika ada pihak-pihak yang sangat menginginkan Indonesia sebagai negara Islam.

Apakah ini sekedar isu ataupun rumor semata? Jelas tidak. Semenjak reformasi, aliran-aliran penggiat “Khilafah” masuk ke Indonesia dengan sangat masif. Kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat, benar-benar dimanfaatkan dengan bagus untuk menyebarkan faham “Khilafah”. Mereka hanya menunggu momentum yang tepat untuk mengganti dasar negara Indonesia yang mereka anggap sebagai sistem pemerintahan yang “thogut”.

Apakah pergerakan mereka hanya sekelas ormas biasa? Jelas tidak. Mereka bukanlah ormas sekelas kumpulan arisan. Mereka sebenarnya tipe organisasi trans-nasional yang sangat besar. Bahkan, secara terbuka ataupun sedikit remang-remang, bahkan ada partai politik di negeri ini yang sebenarnya sangat bersimpati dengan gerakan mereka.

Dalam setiap demo tentang apapun, bendera Al Liwa- Ar Rayah banyak berkibar dimana-mana. Bendera ini menjadi teman setia demonstrasi berskala besar, apalagi jika demonstrasi tersebut bertema untuk mendiskreditkan pemerintahan “thogut” yang syah.

Bendera ini menurut ormas tertentu, pernah disalah gunakan untuk gerakan teror oleh ISIS. Benderanya identik, namun kata mereka filosifi dan semangatnya berbeda. Satu persamaannya adalah mereka sama-sama ingin menerapkan hukum Islam secara ketat.

Kelompok yang saat ini Anti Jokowi dan berniat melengserkan Jokowi sedang menyusun kekuatan. Masalahnya, saat ini mereka dapat bersatu, apakah pasca Jokowi lengser apakah benar mereka dapat benar-benar bersatu? Wallahu a’lam.

Mereka pada hakekatnya memiliki ideologi yang berbeda-benda. Salah satu atau sebagian kecil partai cenderung nasionalis, sementara partai dan atau ormas lainnya cenderung ingin mengibarkan bendera “Khilafah”.

Yang penting menjadi perhatian dan perlu untuk segera untuk dicermati adalah, apakah para pendukung paham demokratis, nasionalis dan pancasilais saat ini dapat bersatu. Jika tidak, maka hanya masalah waktu sebelum negeri besar ini tercerai-berai. Minimal, hari kesaktian pancasila akan musnah selamanya dari negeri besar ini.

Ahok hanyalah sasaran antara dari kepentingan yang jauh lebih besar. Kasus “penistaan agama” oleh Ahok adalah momentum dan entry point yang paling tepat untuk menyatukan kekuatan. Terlepas apakah kekuatan yang bersatu ini pada hakekatnya memiliki garis ideologi yang sama atau tidak. Jadi, setelah Ahok, siapa dan apa lagi, ini adalah sesuatu yang sangat perlu untuk dicermati dan diwaspadai.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top