HEADLINE

Turki Mencemaskan Perang Global AS – Rusia

Turki mencemaskandunia akan jatuh ke dalam konflik global karena kekuatan super Rusia dan Amerika Serikat pada sisi yang berlawanan, jika proxy war di Suriah terus berlanjut.

“Jika perang proksi ini terus berlanjut….maka dapat dilastika bahwa AS dan Rusia akan terjadi perang terbuka,” kata Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus dalam sebuah wawancara dengan kantor berita resmi Anadolu.

Kurtulmus memperingatkan bahwa perseteruan dua negara adidaya pada konflik Suriah telah menempatkan dunia “di ambang awal perang regional atau global yang sangat besar”.

Sementara Turki dan sekutu Baratnya menyerukan Presiden Suriah Bashar Assad untuk mundur, Moskow adalah pendukung utama rezim di Damaskus bersama Iran.

Ankara merupakan bagian dari koalisi pimpinan AS yang menargetkan ISIS dengan serangan udara tetapi juga telah mendukung pejuang oposisi Suriah untuk merebut kembali wilayah dari tangan ISIS sejak 24 Agustus.

Ketegangan antara Moskow dan Washington telah meningkat tajam sejak pekan lalu, karena AS menarik diri sepihak dari pembicaraan damai untuk Suriah dan menuduh Rusia menjadi dalang hacker yang memporakporandakan database pemerintah AS.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry pekan lalu menyerukan penyelidikan kejahatan perang setelah menuduh Moskow dan Suriah sengaja membom Rumah Sakit.

Hubungan antara kedua negara sudah di titik terendah sejak Perang Dingin sejak konflik Ukraina. Disisi lain, Moskow memutuskan untuk menangguhkan penelitian bersama dengan AS pada proyek-proyek energi nuklir awal bulan ini.

Sumber: Anadolu


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top