HEADLINE

42.000 Terpaksa Mengungsi Sejak Awal Serangan Mosul

Hampir 42.000 orang telah meninggalkan rumah mereka sejak awal bulan lalu dari operasi untuk merebut kembali Mosul dari tangan ISIS, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan Rabu.

IOM telah memperingatkan bahwa lebih dari satu juta orang kemungkinan akan mengungsi dalam pertempuran untuk Mosul, dan sementara itu belum mencapai skala tersebut, angka-angka tersebut selalu bertambah setiap hari.

IOM mengatakan pada halaman webnya tentang pelacakan data perpindahan penduduk Mosul telah menyebutkan bahwa 41.988 orang telah “mengungsi akibat operasi Mosul yang sedang berlangsung yang dimulai pada tanggal 17 Oktober 2016.”

Itu meningkat lebih dari 7.000 dari angka IOM sehari sebelumnya, tapi tidak jelas kapan lonjakan perpindahan pengungsi Mosul terjadi.

Sebagian besar pengungsi berasal dari provinsi Nineveh, dimana Mosul adalah ibukota, tapi IOM mengatakan bahwa para pengungsi juga termasuk orang-orang dari beberapa provinsi lain di sekitar Mosul.

Sementara skenario terburuk belum terwujud sejauh ini, pasukan Irak belum merangsek jauh ke dalam kota Mosul, dan jumlah orang yang melarikan diri daerah bisa meningkat secara dramatis ketika hal itu terjadi.

Baik warga Mosul dan PBB telah melaporkan bahwa ISIS telah secara paksa membaur dengan warga sipil untuk digunakan sebagai perisai manusia.

ISIS menyerbu daerah yang luas di utara dan barat Baghdad pada 2014, namun pasukan Irak yang didukung oleh serangan udara pimpinan AS telah merebut kembali wilayahnya dari tangan ISIS. Mosul adalah  wilayah terakhir yang dikasai ISIS di Irak.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top