SCIENCE & TEKNOLOGI

Dapatkah Tsunami Diprediksikan?


Untuk mengetahui hal ini kita perlu memahami bagaimana tsunami tercipta, cara tsunami mencapai percepatan di lautan, dan bagaimana tsunami menimbulkan kehancuran tersebut.

Ketika Tsunami menghantam tanggal 26 Desember 2004 itu menewaskan lebih dari 250.000 orang, menghancurkan ribuan rumah dan menyebabkan miliaran kerusakan. Itu adalah bencana global dan dunia sekarang tahu arti dari kata Tsunami.

Seorang ahli geologi dari The Institute of teknologi di California, ‘Sieh’, percaya bahwa jawabannya adalah dengan mempelajari peristiwa tsunami masa lalu dimana dia telah melakukan penelitian geologis di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Sieh mengajak kami ke sebuah pulau di lepas pantai barat Sumatra ‘Simeulue’, sebuah pulau yang baru muncul dari laut hingga 10 kaki dari permukaan laut setelah gempa Desember 2004. Hanya dengan melihat susunan terumbu karang, Sieh menjelaskan kapan tsunami terakhir terjadi dan ini bisa digunakan untuk prediksi dengan akurat kapan bencana ini akan terjadi lagi di masa yang akan datang.

Sumber: Naked Science


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top