FIKSI & DIARY

Indonesia Menghadapi Ancaman Dari Luar, Terus Bagaimana

Indonesia Menghadapi Ancaman Dari Luar, Terus Bagaimana

Indonesia adalah negara yang sangat kaya, dan strategis. Jelas akan menjadi incaran dari semua negara.  Dari mulai kekayaan alam, budaya, dan sebagainya, Indonesia adalah salah satu yang terbaik di kawasan.

Pastilah akan diincar oleh nyaris oleh semua bangsa-bangsa di dunia. Sejarah membuktikan betapa ngilernya para invader dari mulai Eropa, Amerika, bahkan Jepang terhadap kekayaan bangsa Indonesia. Cina baru-baru ini juga bersikap sangat provokatif terhadap Indonesia, ketika secara sepihak membuat garis ZEE yang mencaplok ZEE Indonesia.

Negeri Jiran juga berulangkali mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka. Ini juga merupakan ancaman yang serius. Belum Lagi Singapura yang jelas terancam dikala ekonomi Indonesia bertumbuh dengan baik.

Australia juga pernah berusaha mencaplok kekayaan celah Timor, sehingga termasuk negara yang paling ngebet dengan kemerdekaan Timor Timur waktu itu. Belum lagi campur tangannya yang terlalu sering dan sangat mencurigakan di Bumi Cendrawasih.

Amerika Serikat juga sangat mungkin untuk ingin memiliki Indonesia juga, apalagi posisi Indonsia yang sangat strategis untuk menangkal pengaruh Cina dan Rusia. Tidak hanya kekayaannya saja Indonesia menjadi sangat menarik bagi Amerika Serikat, namun posisinya yang sangat strategis juga pasti akan membuat Barat ngiler berat.

Belum lagi kepompok ISIS yang sedang kebingungan untuk membuat pangkalan baru kekhalifahan mereka, ketika di Suriah dan Irak mereka terdesak hebat. Bahkan di Libya pun ISIS juga nyaris habis.

Hubungan kita dengan negara lain terutama dengan negara-negara jiran terdekat, harus tetap terjaga dengan baik. Kewaspadaan memang tetap harus dilakukan, namun kecurigan berlebihan dapat menggangu hubungan kita dengan negara luar. Apalagi jia kita terkesan menuduh tiba-tiba.

Jelas kita memang sedang diincar oleh banyak pihak dari luar, karena kekayaan dan potensi kita yang luar biasa. Disinilah seni dan sulitnya mengelola negara. Para pengelola negara ditempatkan pada posisi sulit yang harus sangat bijak, hati-hati dan waspada, namun harus tegas ketika terbukti adanya ancaman baik dari dalam maupun luar. Lembut bukan berarti lemah. Santun bukan berarti kalah.

Pertanyaan selanjutnya adalah terus bagaimana cara mengatasinya? Silahkan para petinggi negeri ini unutk memikirkan solusinya. Kita para kawulo hanya makmum, sendika dhawuh dan mengamininya saja.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top