FIKSI & DIARY

Jenderal, Kita Semua Sangat Mencintai Republik Ini

Mohon kiranya Panglima TNI dan Kapolri jangan terlalu mudah mengeluarkan pernyataan yang seolah terlalu mencurigai komponen bangsa ataupun pihak-pihak asing yang telah lama bersahabat dengan negeri kita tercinta ini.

Terlalu mencurigai komponen bangsa, minimal akan membuat ketakutan dan munculnya kecurigaan baru antar golongan. Hal ini jelas sangat tidak baik bagi ketenteraman bermasyarakat kita.

Terlalu mencurigai pihak asing juga akan menciptakan jarak yang semakin lebar antara negara kita dengan negara-negara yang kita curigai. Alih-alih akan semakin mempererat kerjasama, justru akan membuat mereka menjauh atau bahkan lebih buruknya mengucilkan negeri kita tercinta ini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa negeri kita saat ini sedang mendapatkan ancaman dari dalam dan luar. Itu jelas sangat membutuhkan kewaspadaan dan kesigapan aparat dalam bertindak. Namun, menurut saya, waspada itu tidak harus dengan cara mencurigai berlebihan. Apalaigi ketika kecurigaan berlebihan itu diungkap di depan publik.

Jenderal, kita semua sangat mencintai negeri ini. Makanya itu kita semua mempercayakan seutuhnya otoritas tata kelola keamanan dalam dan luar negeri kepada orang-orang terbaik yang kita miliki seperti panjenengan semua.

Jenderal, kami adalah sebagian dari komponen bangsa yang mungkin terlalu nyinyir demi kesatuan negeri ini, marwah negeri ini, dan kejayaan negeri ini. Jendral, kami sadari bahwa peran dan kontribusi kami dalam hal ini memang masih teramat sangat kecil ketimbang komponen ataupun individu bangsa lainnya.

Jenderal, kami hanya berusaha ikut berkontribusi dengan cara-cara kami bagi kesatuan, kejayaan, dan menjaga marwah negeri ini. Kami hanya sekedar berjuang dengan menggunakan pena-pena kami, karena itulah cara terbaik bagi kami untuk ikut berperan bagi negeri ini.

Jendral, kita semua sangat mencintai negeri ini. Kita semua sangat mencintai kesatuan dengan segala ke-bhineka-an yang mewarnai negeri ini.

Jenderal, mohon selalu dijaga kondusifitas keamanan dan ketertiban dalam negeri termasuk juga kondusifitas hubungan kita bertetangga dengan jiran-jiran kita.

Jenderal, kita semua sangat mencintai republik ini dengan segala dinamika dan keragamannya. Ini adalah karunia yang tak terhingga bagi negeri tercinta kita ini.

Sumber Gambar: Tempo.co


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top