ANALISIS

Kenapa MUI Tolak Ulama Mesir Jadi Saksi Kasus Ahok?


Syeikh Mushthofa ‘Amr Wardhani salah seorang pemimpin Darul Iftaa Mesir, didatangkan untuk menjadi Saksi Ahli Agama dalam Kasus Ahok. MUI dan Habib Rizieq (Imam Besar FPI sekaligus pembina GNPF-MUI) menjadi kesal dan kecewa berat dan menolak keras kedatangan Syeikh Mushthofa ‘Amr Wardhani. Inilah surat MUI kepada Syeikh Al Azhar? (organisasi yang menaungi Darul Iftaa Mesir?). Inilah poin-poin surat MUI.

  1. Kunjungan Syeikh Amru Wardani bisa menimbulkan kegelisahan kaum muslimin yang bisa berujung pada bentrok sesama ormas.
  2. Kedatangan Syeikh Amru Wardani merupakan bagian dari intervensi terhadap urusan dalam negeri suatu negara.
  3. Kedatangan Syeikh Amru Wardani sama dengan tidak mengakui kahlian dan kelayakan MUI/ulama Indonesia dalam memutuskan masalah agama.
  4. Kunjungan Syeikh Amru Wardani bisa dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mengotori hubungan baik dua negara.

Buat saya, penolakan ini terlihat terlalu terburu-buru dan malah nampak aneh dan sangat mencurigakan. Mari kita tengok poin-perpoin dari alasan keberatan MUI tersebut.

  1. Kunjungan Syeikh Amru Wardani bisa menimbulkan kegelisahan kaum muslimin yang bisa berujung pada bentrok sesama ormas. Alasan ini terlalu mencurigakan. Mengapa hanya gara-gara pendapat ilmiah dari ulama dari Mesir, maka serta merta ormas akan bentrok.l Lha yang bentrok itu antara ormas yang mana? Kalau memang dasarnya bukti ilmiah untuk masalah hukum, dimana letak kemungkinannya pendapat ahli tersebut bisa menimbulkan bentrok. Apakah ketika ada penafsiran yang berbeda akan serta merta ormas-ormas akan berantem. Toh ini hanya sekedar pendapat saksi ahli?
  2. Kedatangan Syeikh Amru Wardani sama dengan tidak mengakui kahlian dan kelayakan MUI/ulama Indonesia dalam memutuskan masalah agama. Kalau tohpun MUI merupakan salah satu ahli di muka bumi, memangnya di muka bumi ini hanya MUI saja yang ahli agama? Apakah ini justru tidak malah kelihatan MUI sebagai lembaga yang takabur, takut disaingi, anti kreitik dan memaksa  orang lain untuk mengakuinya sebagaisatu-satunya lembaga ahli agama Islam di Indonesia (atau jangan-jangan di muka bumi).
  3. Kedatangan Syeikh Amru Wardani merupakan bagian dari intervensi terhadap urusan dalam negeri suatu negara. Kok keterangan Syeikh Mushthofa ‘Amr Wardhani dianggap mengintervensi urusan dalam negeri suatu agama? Ini hanya masalah seorang ahli agama yang didatangkan untuk memberi penjelasan ilmiah atas suatu kasus. Terus letak intervensi Mesir kepada Indonesia dimana?
  4. Kunjungan Syeikh Amru Wardani bisa dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mengotori hubungan baik dua negara. Lhoh justru itu, kedatangan Syeikh Mushthofa ‘Amr Wardhani yang bersedia untuk menjadi seorang ahli dan memberikan penjelasan ilmiah atas suatu kasus merupakan satu bentuk pengejawantahan baiknya hubungan baik antara ahli agama dari Mesir dengan Indonesia.

Kesimpulannya, ada fenomena yang aneh dan terlalu reaktif dari MUI serta GNPF-MUI. Kalau memang dasarnya semua gerakan termasuk fatwa MUI murni bersih dari urusan syahwat politik, mengapa ada ketakutan berlebihan. Ambil sisi positifnya saja. Toh pendapat Syeikh Mushthofa ‘Amr Wardhani dapat digunakan untuk pengkajian agar menyempurnakan fatwa-fatwa berikutnya jikalau harus menghadapi peristiwa yang sama. Kecuali, jika MUI dan GNPF-MUI menyatakan bahwa fatwa MUI adalah kebenaran absolut yang tidak perlu lagi diperbandingkan ataupun dipertanyakan kebenarannya.

Kok terlalu takut amat sih? Sebenarnya ada apa ini? Kalau hanya berhubungan dengan masalah penegakan keadilan hukum, kenapa harus kelihatan terlalu cemas? Bukankah memang si tertuduh secara hukum juga diperbolehkan mendatangkan saksi ahli dari manapun?

Slogannya menegakkan keadilan hukum, namun tidak mau berbuat adil pada si tertuduh. Sungguh contoh sangat bagus dari perilaku ulama yang luar biasa adil. Apa maunya Ahok harus diam saja ketika dikeroyok ramai-ramai dan digebuki sampai bonyok, dan atau sekalian Presiden Jokowi terguling? Whaduh, kalau ini sasarannya, saya sangat mempertanyakan niatan sebenarnya semua gerakan mereka itu.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Comment


Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top