KOLOM MASJOEN

Kolaborasi riset untuk meningkatkan reputasi


Hari ini Masjoen mengikuti pelatihan penulisan proposal menuju jurnal internasional bagi dosen PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Salah satu tugas tri dharma perguruan tinggi bagi dosen adalah penelitian. Perlu upaya yang kuat, butuh persistensi yang tinggi dan tentu perlu biaya yang tidak sedikit. Tak heran jika banyak dosen yang tidak melakukan penelitian. Apalagi melakukan publikasi dalam jurnal ilmiah. Bagaimana mau publikasi jika tidak melakukan penelitian.
Dr. Danang selaku nara sumber dari Fakultas Geografi UGM menyatakan bahwa harkat martabat seorang dosen tentu bukan dari kedudukannya sebagai pejabat struktural. Namun, kualitas dosen lebih pada publikasi karya ilmiahnya. Berapa banyak artikel publikasinya, dan berapa banyak dirujuk penelitannya oleh orang lain.
Banyak hal yang kami diskusikan dalam pelatihan hari ini. Nara sumber menjelaskan bahwa banyaknya publikasi yang dilakukan salah satunya adalah melalukan kolaborasi dan sinergi dengan peneliti lain. Salah satu cara meningkakan citasi penelitian kita adalah dengan melakukan kolaborasi dengan peneliti terutama dengan peneliti luar negeri. Nara sumber ini memiliki reputasi riset yang sangat bagus, sudah belasan publikasi ilmiahnya terindeks scopus dengan H-indeks 6.
Dalam diskusi selanjutnya nara sumber menjelaskan bahwa proses pembalajaran di kampus sangat bagus jika mendasarkan hasil penelitian. Bagaimanapun dalam penelitian empiris tentu akan mendasarkan pada teori tertentu. Artinya teori yang diajarkan kepada mahasiswa akan lebih lengkap dengan menambahkan hasil-hasil penelitian.
Satu lagi bahwa perkembangan riset yang dilakukan oleh para dosen akan terus berlanjut ketika ada yang bisa melanjutkan riset dosen yaitu mahasiswa. Salah satu keuntunganya adalah jika ada program penelitian mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi) adalah riset dosen bisa terbantu, dalam hal ini ide penelitian dosen dapat dilanjutkan oleh mahasiswa, sehingga dapat mendorong produktivitas dosen dalam penelitian. Bisa dibayangkan jika kolaborasi riset dilakukan sudah pasti dosen akan semakin produktif dalam penelitian dan publikasi sehingga akan mendongkrak reputasi perguruan tinggi.

Membandingkan 3 Metoda


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top