FIKSI & DIARY

Omong Kosong, Berani Membubarkan Ormas Radikal

Omong Kosong, Berani Membubarkan Ormas Radikal

Pasca jaman Mbah Harto, tidak ada satupun pemerintahan di republik ini yang berani membubarkan ormas radikal. Apalagi menangkap para pemimpinnya.

Mbah Harto sekilas saat itu memang kejam dan represif, namun demi menjaga stabilitas, Mbah Harto lebih memilih mengorbankan sekedar pencitraan tentang penghargaan terhadap hak asasi manusia, ketimbang stabilitas negara yang lebih mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

Memang, di jaman Mbah Harto, kebebasan begitu lumayan mendapatkan kekangan. Namun, harga tersebut dibayar impas dengan stabilitas negara yang sangat baik.

Semenjak pasca reformasi, tidak ada jendral setegas dan seberani LB. Moerdani. Jendral-jendral sekarang nampaknya sangat jeri dengan HAM.

LB. Moerdani sekilas memang nampak telengas dan represif. Moerdani terkenal tidak memiliki rasa takut, apalagi dengan sekedar masalah HAM. Demi stabilitas negara, maka Moerdani terbukti rela mengorbankan apapun juga.

Terlepas dari sisi negatif nya dalam masalah korupsi, nepotisme dan kekroniannya, Mbah Harto memang terbukti mampu menjamin stabilitas negara ketimbang penguasa-penguasa setelahnya. jadi, wajar jika sekarang banyak yang merindukan Mbah Harto.

Di jaman Mbah Harto, ormas nganeh-anehi, apalagi radikal dan anarkis nyaris mustahil bisa hidup ataupun berkembang biak. Perilaku anarkis dengan alasan apapun sangat beresiko untuk dikarungi.

Di jaman Mbah Harto, tidak mungkin ada yang berani mencoba-coba mengitak-atik Pancasila dan UUD 45. Apalagi berani menista simbol-simbol negara. Dalam masalah ini, Mbah Harto adalah penguasa pelindung ideologi dan simbol-simbol negara terbaik selepas Bung Karno.

Ormas-ormas seperti PKI dan lainnya, dijamin pasti akan diberangus sampai ke akar-akarnya. Sekarang, ormas-ormas radikal atas nama non-komunis yang bahayanya tidak kalah mengerikannya ketimbang PKI, tumbuh subur secara bebas.

Halaman: 1 2


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top