HEADLINE

Prancis Menuduh Assad & Sekutunya Telah Melancarkan Perang Total


Prancis menuduh Suriah dan sekutunya, menggunakan ketidakpastian politik di Amerika Serikat untuk memulai “perang total” terhadap wilayah yang dikuasai pemberontak di negara itu.

Menurut para diplomat Barat, Presiden AS terpilih Donald Trump tidak diharapkan untuk mengambil peran aktif di Suriah. Diplomat Barat telah menyatakan keprihatinan bahwa Assad mungkin akan merasa semakin berani karena sumpah Trump untuk membangun hubungan lebih dekat dengan Rusia, sekutu Suriah.

“Hari ini satu juta orang yang terkepung. Bukan hanya di Aleppo, tapi di Homs, Ghouta dan Idlib, dan itulah realitas situasi di Suriah,” kata Menteri Luar Negeri Perancis, Jean-Marc Ayrault kepada wartawan setelah sidang kabinet mingguan.

Dia tidak mengatakan apa pertemuan yang direncanakan mungkin mencapai untuk mengatasi lima tahun konflik yang telah menewaskan ratusan ribu orang dan pengungsi setengah dari populasi Suriah, namun mengatakan melindungi warga sipil Suriah adalah prioritas mendesak.

“Prancis akan mengambil inisiatif untuk menghadapi strategi ini total perang oleh rezim dan sekutunya, yang mengambil keuntungan dari ketidakpastian politik saat ini di Amerika Serikat.”

Pertemuan negara-negara yang menentang Assad, termasuk Amerika Serikat, Arab Saudi dan Turki, akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang di Paris, kata Ayrault. Seorang diplomat Perancis lainnya mengatakan bahwa pembicaraan tingkat menteri yang akan terjadi pada awal Desember.

Utusan Khusus PBB untuk Suriah juga menyatakan keprihatinan pada hari Selasa bahwa Assad bisa melancarkan serangan baru untuk menghancurkan Aleppo timur  sebelum Trump dilantik.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeierenuduh Suriah dan pendukung Rusia dan Iran dari “sinisme”,  dan mengatakan kepada parlemen bahwa serangan baru hanya akan menambah momentum untuk siklus kekerasan.

“Terlalu banyak orang sekarang percaya bahwa mereka dapat keuntungan dari kekosongan kekuasaan setelah pemilu AS dan memainkan kartu militer,” katanya. “Kami harus menerobos logika ini. Pembicaraan tentang gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan tidak harus berhenti selama periode transisi ini di Washington.”

Sumber: dw.com


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top