ANALISIS

Negara Tekuk Lutut Pada Gerakan Agama Tertentu

Negara Tekuk Lutut Pada Gerakan Agama Tertentu

Ini kenyataan pahit yang harus ditelan oleh negara bernama Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah nampaknya mulai keder dan jeri dengan tekanan gerakan agama tertentu. Pemicunya adalah omongan Ahok yang kemudian dimaknai sebagai penstaan agama oleh segolongan tertentu.

Akhirnya, masa kelompok tertentu menggerakkan isu ini untuk mendorong kelompok agama tertentu untuk menekan agar Ahok ditahan. Apakah gerakan ini murni ketersinggungan atas omongan Ahok di Kepulauan Seribu, semata? Sangat kecil kemungkinannya.

Pergerakan-pergerakan untuk menolak kafir (khususnya Ahok) menjadi pemimpin sebenarnya sudah ada jauh-jauh hari sebelum kasus di Kepulauan Seribu. Awalnya sangat gencar diluncurkan oleh ormas FPI, sekitaran September 2014. Bahkan, sebenarnya jauh-jauh hari sekitar bulan Maret 2014, MUI dibawah kepemimpinan Din Syamsuddin sudah menyatakan melarang memilih pemimpin non muslim.

Sekitar bulan september 2016, FPI dan beberapa ormas lainnya juga menggagas “Risalah Istiqlal”, dan kemudian beberapa pemimpinnya menemui SBY untuk mengerucutkan dukungan mereka pada calon gubernur muslim. Namun, sayangnya suara muslim Jakarta tetap harus terbelah karena SBY lebih memilih untuk mencalonkan Agus Harimurti Yudhoyono (putra sulung SBY) berpasangan dengan Deputi Gubernur DKI bidang Kebudayaan dan Pariwisata Sylviana Murni.

Gerakan yang diberi nama “Risalah Istiqlal” ini sebenarnya gagal mengumpulkan massa yang signifikan saat itu. Gerakan ini kemudian menemukan momentumnya setelah kasus pidato Ahok di Kepulauan Seribu.

Faktanya sekarang, pemerintah terpaksa lintang-pukang oleh manuver gerakan ini. Ini dapat dikatakan bahwa saat ini negara (pemerintah) dipaksa untuk bertekuk lutut kepada gerakan kelompok agama tertentu.

Walaupun pemerintah mungkin dalam hal ini mencari titik win-win solution untuk menjaga stabilitas negara, namun tetap saja menunjukkan bukti bahwa tekanan massa kelompok agama tertentu ini sukses untuk menekan pemerintah. Nampaknya negara akan semakin tersandera oleh kelompok ini kedepannya.


Leave a Comment: Prohibited To Perform Spam, Humiliation, Porn Or Drugs
Comments

Copyright © 2016 - Mbahwo.net

To Top